Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Transaksi Paling Bersejarah Milik Bitcoin

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Nov 27, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Kepopuleran bitcoin tak perlu anda pertanyakan lagi. Walaupun harganya kini belum terlalu stabil namun masih banyak yang berminat menggunakannya. Bitcoin sendiri sudah berusia satu decade tentunya ada beberapa momen bersejarah yang pernah diukir oleh uang virtual ini. berikut beberapa transaksi bersejarah milik bitcoin yang dikutip dari news.bitcoin.com.

    Transaksi Pertama Bitcoin Bukanlah Pembelian Pizza

    Banyak orang menduga bahwa transaksi pertama bitcoin ialah pembelian pizza Papa John’s yang dilakukan oleh Laszlo Hanyecz. Laszlo Hanyecz merupakan salah satu pengembang yang menggunakan 10.000 bitcoin untuk membeli dua porsi besar pizza. Transaksi ini dilakukan pada 22 Mei 2010 yang mana satu tahun setelah bitcoin ditemukan. Transaksi paling pertama bitcoin terjadi pada 12 Januari 2009. Pada tanggal tersebut Satoshi Nakamoto selaku founder bitcoin mengirimkan 50 BTC kepada Hal Finney. Biaya transfernya kala itu masih 0 BTC. Transaksi ini bisa anda temukan dalam link berikut

    https://www.blockchain.com/btc/tx/f4184fc596403b9d638783cf57adfe4c75c605f6356fbc91338530e9831e9e16

    Penjualan Pertama Bitcoin Dilakukan

    [​IMG]

    Diawal-awal peluncurannya bitcoin belum memiliki nilai yang tinggi seperti saat ini. Publikasi untuk uang virtual ini juga berjalan lambat namun tak menghambat proses penjualannya dengan menggunakan uang komersial yang sudah ada sebelumnya. Penjualan bitcoin yang pertama kali dilakukan pada 12 Oktober 2009. Kala itu salah satu developer asal Finlandia bernama Martti Malmi menjual bitcoin miliknya sebanyak 5.050 BTC dengan harga $5.02. Martti menerima uang pembayaran bitcoin ini melalui paypal. Kala itu untuk mendapatkan bitcoin tak semudah membelinya di bursa cryptocurrency seperti saat ini. Dahulu bitcoin hanya bisa didapat melalui penambangan yang bisa dilakukan oleh beberapa orang saja.

    Transaksi Mega Bitcoin Milik Mt.Gox

    Mt.Gox merupakan bursa cryptocurrency yang berpusat di Tokyo. Sebelum berhasil dihack oleh hacker Mt.Gox menjadi pusat jual beli bitcoin.pada 23 Juni 2011 CEO Mt.Gox yang saat itu dijabat oleh Mark Karpeles menginstruksikan untuk melakukan transfer bitcoin ke dua alamat dompet cryptocurrency dalam satu kali transaksi saja. Kala itu 442.000 bitcoin berhasil dikirimkan dalam satu kali transaksi saja dan dinyatakan sebagai nilai transaksi bitcoin terbesar yang pernah ada.

    Lelang Bitcoin

    Bitcoin didapatkan tak hanya dengan menambang saja atau membelinya di bursa cryptocurrency. Ada pula yang mendapatkan bitcoin melalui jalur lelang. Hal ini terjadi pada 1 Juli 2014 yang kala itu diselenggarakan oleh US Marshal. Bitcoin yang dilelang merupakan asset sitaan negara. Sebelum lelang dibuka peserta lelang akan dibagi kedalam 10 grup. Pemenang lelang drai setiap grup tersebut ternyata merupakan satu orang saja yakni Tim Draper. Dalam pelelangan tersebut Tim Draper menginvestasikan uangnya sebesar $18.000.000.

    Peretasan Bitstamp

    Peretasan memang kerap terjadi pada bursa uang virtual saat ini. salah stau peretasan yang paling menghebohkan ialah terjadi pada Bitstamp. Hacker saat itu mampu mencuri hampir 20.000 BTC pada tahun 2015 silam. Hal ini juga sempat memicu hardfork dan penurunan harga bitcoin. Ternyata kini tak hanya Bitstamp yang sempat jadi korban hacker. Awal Januari lalu bursa penukaran bitcoin berhasil diretas dan mengalami kerugian hingga 7.12 triliun. Uang virtual yang dicuri bukanlah bitcoin namun NEM yang termasuk dalam uang virtual baru. Tak kurang dengan kerugian sebesar itu pada September lalu bursa penukaran crypto kembali dihack dan berhasil mencuri 6.7 miliar yen atau setara dengan 888 miliar. Setiap terjadi peretasan ini rata-rata harga uang virtual langsung anjlok.

    Sumber : news.bitcoin.com
     

Share This Page



loading...
loading...