Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Ohio Menjadi Yang Pertama Di Amerika Serikat Yang Membayar Pajak Pakai Bitcoin

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Nov 26, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Bitcoin menjadi salah stau fenomenal teknologi yang menggegerkan dunia bisnis, investasi bahkan pemerintahan. Uang digital yang diterbitkan pada 2009 lalu kini memiliki nilai puluhan juta per kepingny. Beberapa negara memanfaatkannya sebagai alat pembayaran untuk membayar tagihan, asuransi, traveling hingga kewajiban negara seperti pajak. Beberapa negara yang lelegalkan bitcoin wira-wiri di negaranya ialah Jepang,Korea Selatan hingga Amerika Serikat. Transaksi pertama bitcoin juga dilakukan di Amerika Serikat yakni untuk memesan dua pizza.

    Ohio Menjadi Yang pertama

    Menurut lapran wall street journal yang dirilis pada 25 November 2018 menyatakan bahwa Ohio menjadi tempat pertama di Amerika Serikat yang menerima pembayaran menggunakan bitcoin. Pembayaran pajak dengan bitcoin tidak hanya untuk memenuhi kewajiban bisnis perusahaan namun juga pihak individu. Mulai dari minggu ini kabarnya pemerintah Ohio menyediakan pendaftaran pembayaran seluruh kebutuhan pajak dengan menggunakan bitcoin. Pembayaran memakai bitcoin untuk kebutuhan pajak di Ohio ini nantinya akan menggunakan layanan dari BitPay.

    [​IMG]

    Sebenarnya sudah sejak tahun lalu layanan pembayaran pajak di Amerika Serikat telah diperbincangkan. Sayangnya layanan ini masih terhambat aturan hokum yang berlaku saat itu sehingga layanan inipun tak usung diimplementasikan. Bendaharawan negara AS yakni Josh Mandel juga menyatakan bahwa layanan bitcoin yang kini digunakan Ohio akan dijadikan bahan pertimbangan untuk diimplementasikan secara nasional. Mandel juga menegaskan bahwa inisiatif perihal cryptocurrency ini akan terus berlanjut hingga jabatannya berakhir pada Januari mendatang. Ia juga keukeuh untuk menerapkan layanan pembayaran pajak dengan bitcoin tersebut di kantornya walau tanpa persetujuan gubenur maupun pihak legislative.

    Dewan perwakilan Arizona juga meloloskan undang-undang pajak yang memungkinkan warga Arizona membayar pajak dengan memanfaatkan bitcoin. Sayangnya implementasinya terhalang lagi oleh amandemen.

    Keuntungan Bitcoin Dalam Hal Perpajakan

    Adanya bitcoin ini sebenarnya sangat menguntungkan pihak perpajakan negara sebagai penghimpun dana. Bitcoin di beberapa negara telah menadi salah stau obyek pajak begitu pula di Indonesia. Keuntungan yang anda terima dari jual beli bitcoin wajib dilaporkan dalam SPT dan dikenakan pajak. Bagi Amerika Serikat layanan pembayarn pajak menggunakan bitcoin sangat membantu dalam menghimpun dana. Anda bisa melakukan pembayaran pajak langsung didepan computer. Tak perlu khawatir akan resiko di rampok atau membuang tenaga ke bank.

    Selain lebih cepat dan efisien dengan menggunakan teknologi blockchain pemerintah Amerika Serikat dapat memperoleh hasil lebih cepat jumlah dana yang sudah terhimpun. Transaksi menggunakan bitcoin dirasa lebih cepat ketimbang memakai layanan bank. Bukan hitungan hari atau jam lagi untuk memproses satu transaksi namun dalam hitungan menit.

    Perhitungan Pajak Bitcoin di Amerika Serikat

    Selain sebagai alat pembayaran yang sah di Amerika Serikat ternyata bitcoin juga dianggap sebagai komoditi sehingga menjadi obyek pajak. Saking ketatnya terhadap transaksi bitcoin bagi turis yang memiliki bitcoin wajib melaporkannya. Aturan ini merupakan ide dari Sen Chuck Grassley yang ditunjukkan pada UU yang disahkan pada 25 Mei 2017 silam. Hanya mereka yang memiliki bitcoin senilai US$10.000 yang wajib melapor. Perhitunganpajak jangka pendek di Amerika Serikat kini berkisar 10-39.6 % sedangkan untuk jangka panjang hanya berkisar 15-23% saja. menurut IRS bitcoin hanya sebagai alat tukar saja atau representasi dari uang dalam bentuk digital. Bitcoin di Amerika Serikat masih diperbincangkan karena sering dijadikan obyek money laundry yang mampu merugikan negara.
     

Share This Page



loading...
loading...