Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

IndoCoin - Indonesian Crypto Currency, Launching: 21 Mei 2014

Discussion in 'Jenis Uang Digital Lainnya' started by naitpes, May 12, 2014.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. naitpes

    naitpes New Member


    [​IMG]
    Lapak Bitcointalk | Website Resmi | Facebook
    Memayu Hayuning Bawana, Ambrasta dur Hangkara


    21 Mei 2014 - 11:00 WIB

    Bitcoin, atau bisa dibilang crypto currency secara umum masih belum dikenal secara luas di masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan karena kurangnya penetrasi internet di Indonesia, dan juga masih terbelakangnya Indonesia di sisi teknologi saat ini. Penyebab lainnya adalah kurangnya resources, karena informasi-informasi tentang bagaimana menggunakan crypto currency secara kebanyakan tersedia dalam Bahasa Inggris yang secara tidak langsumg menghambat masyarakat Indonesia dalam mengenali teknologi crypto currency ini.

    Sebenarnya, Bitcoin atau crypto currency secara keseluruhan, bukanlah hal yang patut ditakuti, hanya saja perlu dipahami, bagaimana cara kerjanya, atas dasar apa system ini bekerja, dsb.

    Saya sendiri secara pribadi percaya, bahwa crypto currency adalah salah satu bentuk mata uang yang paling demokratis yang pernah ada, bagaimana tidak? Sifatnya sepenuhnya yang open source yang artinya, semua orang dapat secara bebas melihat isi dari kode tersebut, bahkan dapat juga berpartisipasi secara aktif dalam pengembangannya. Sepenuhnya transparan karena semua transaksi tercatat didalam buku besar yang dikenal sebagai block chain, tapi sekaligus anonym. Karena sifatnya yang terdesentralisasi, membuat crypto currency ini hampir mustahil untuk dihancurkan, selama masih ada yang menggunakan. Dengan biaya transaksi yang sangat rendah (atau tidak ada sama sekali, pada transaksi skala kecil), coba bandingkan dengan kartu kredit, paypai, atau system pembayaran lainnya, pasti akan kelihatan keunggulan dari crypto currency ini.


    Tentu kita pernah dengar payment processor yang dinamakan paypai, sebuah payment processor raksasa dari Amerika Serikat. Pernahkah kita membayangkan, bagaimana kalau suatu saat perusahaan tersebut bangkrut? Tentu saja saldo yang kita punya di paypai akan hangus. Pernah dengar Liberty Reserve? Liberty Reserve adalah perusahaan sejenis paypai berbasis di Costa Rica. Perusahaan tersebut ditutup oleh FBI pada Mei 2013 lalu karena kasus money laundry. Bagaimanakah nasib para pengguna Liberty Reserve? Tentu saja uang mereka lenyap begitu saja tanpa asap, karena sifatnya yang tersentralisasi. Hal yang sama bias terjadi di lembaga keuangan tersentralisasi lainnya, termasuk Bank. Tapi karena Bank, ada yang namanya LPS, kita bias bernafas lega.

    Memperkenalkan IndoCoin,
    IndoCoin adalah turunan dari Bitcoin, yang didesain sedemikian rupa dengan tujuan utama memperkenalkan teknologi crypto currency kepada masyarakat Indonesia secara luas. Saya berharap, dengan adanya IndoCoin, masyarakat Indonesia bisa secara langsung mencicipi dan mengenali lebih dalam, bagaimana sih teknologi crypto currency itu? Apa keunggulan IndoCoin dibandingkan yang lainnya? Dan lain sebagainya.
    Sebagai penggagas IndoCoin, saya secara pribadi akan menyediakan dukungan awal bagi mereka yang berminat mencicipi. Dukungan, panduan memulai, dan support, akan disediakan di website resmi IndoCoin yang bisa diakses di http://www.indocoin.org dimana berbagai macam pertanyaan bisa diluncurkan disini.
    IndoCoin akan mulai beroperasional pada tanggal 21 Mei 2014 pada pukul 11:01 WIB dimana semua orang dapat mulai menambang, bertransaksi, dan menggunakan IndoCoin. Source code dari Indocoin akan saya posting di Github sesaat setelah launching, bagi teman2 programmer dipersilahkan untuk mengunduh dan mengotak-atiknya


    Pertanyaan Pertanyaan Umum
    Apa itu IndoCoin?
    IndoCoin adalah sistem pembayaran yang terdesentralisasi menggunakan jaringan peer-to-peer, tanpa adanya otoritas sentral maupun perantara. Untuk mudahnya, anggap saja IndoCoin sebagai uang internet.

    Siapa pemilik jaringan IndoCoin?
    Tidak ada yang memiliki jaringan IndoCoin, IndoCoin dioperasikan oleh semua penggunanya dari seluruh dunia. Tugas developer hanyalah memaintenance software yang digunakan di IndoCoin, developer IndoCoin tidak dapat mengganti protokol secara paksa, karena pengguna adalah yang mengoperasikan jaringan tersebut.

    Bagaimana cara mendapatkan IndoCoin?
    1. Menerima IndoCoin sebagai metode pembayaran atas barang atau jasa
    2. Membeli dari orang lain
    3. Menambangnya sendiri, atau dikenal sebagai mining

    Apakah IndoCoin aman digunakan?
    Aman. IndoCoin adalah turunan dari Bitcoin, yang mana keamanan dari Bitcoin sudah teruji oleh programmer di seluruh dunia. Kelemahan dari Bitcoin pada umumnya disebabkan oleh user-error, misalkan file wallet tidak sengaja terhapus, laptop (yg didalamnya ada bitcoin) dicuri orang, lupa password, dan lain sebagainya. Kelemahan ini tentu saja tidak ada bedanya dengan mata uang konvensional, dompet dicopet, jatuh ditengah jalan, atau akibat bencana alam.

    Bagaimanakah cara menambang IndoCoin?
    Semua orang dapat menambang IndoCoin dengan menjalankan software yang telah tersedia, dan perlu didukung oleh hardware yang memadahi. Kegiatan menambang (mining) inilah yang bertugas dalam memproses transaksi-transaksi para pengguna koin.

    Bukannya menambang (mining) hanyalah membuang-buang energi?
    Menghabiskan energi demi mengoperasikan dan mengamankan sistem pembayaran, bukanlah hal yang sia-sia. Pernahkah kita membayangkan berapa biaya yang diperlukan untuk mencetak rupiah? Berapa banyak pohon yang harus ditebang, berapa devisa Negara yang harus dihabiskan untuk mengimport kertas untuk uang tersebut, listrik yang dihabiskan untuk mesin pencetaknya, biaya yang harus dihabiskan untuk mengoperasikan sebuah bank, mobil baja untuk mengangkut uang tersebut, dan lain sebagainya? Belum lagi resiko beredarnya uang palsu, berapa jumlah yang dirugikan akibat uang palsu tersebut. Di dalam Crypto Currency, tidak ada istilah uang palsu, semua dana memiliki identitas, ketidak sesuaian dengan algoritma menyebabkan transaksi ditolak.
    Apalagi seiring dengan perkembangan teknologi (terutama teknologi tenaga surya), biaya mining tersebut dapat terus ditekan.

    Aduh, Komputer ane jadul nih, vga juga nggak punya, bisa nggak dibuat nambang?
    Kalau untuk menambang bitcoin, tidak ada harapan karena kekuatan jaringan bitcoin sudah mencapai 70 Peta Hash/detik (70 juta ghash/s). Untuk Indocoin dimana masih belum ada yang menambang, komputer saya pakai untuk CPU mining masih nggak ada masalah, seiring banyakya orang yang ikutan menambang, akan semakin sulit dapatnya karena rebutan.
    Saya sarankan jangan gunakan laptop untuk mining, karena saya tidak bertanggung-jawab kalau laptopnya meledug


    TL;DR Sinopsis bagi yang malas baca
    Indocoin adalah turunan dari Bitcoin, sebuah sistem pembayaran yang terdesentralisasi, dibuat sedemikian rupa dan ditujukan kepada masyarakat Indonesia. Launching dan mulai bisa digunakan pada tanggal 21 Mei 2014 bertepatan dengan hari reformasi Indonesia. Karena saya harapkan, nantinya Indocoin bisa mereformasi Indonesia di sisi sistem pembayarannya.

    Bagi yang masih memiliki pertanyaan bisa langsung reply thread ini, akan saya jawab sebisanya.
     
    Last edited: May 17, 2014
  2. naitpes

    naitpes New Member

    Reserved for update
     
  3. digitizing

    digitizing New Member

    algoritma apa nih ?
    kok ga disebut, turunan bitcoin berarti sha256 kali ya
     
  4. naitpes

    naitpes New Member

    Lebih tepatnya disebut turunan litecoin karena pakai scrypt, tapi kan litecoin juga turunan bitcoin jadi ane tulis bitcoin disitu :D

    Scryptnya yg scrypt vanilla, bukan yg Scrypt N, Scrypt N-R, dsb
     
  5. zeroone

    zeroone New Member

    premine atau bukan nih coin nya ?

    scryptnya yang vanilla ? itu maksudnya scrypt-jane atau beda lagi ya ?

    Saya udah feeling suatu saat ada orang indo bikin coin dengan nama indocoin ... hehehehe feeling saya benar ternyata :cool:
     
    Last edited: May 13, 2014
  6. naitpes

    naitpes New Member

    Vanilla itu Scrypt yg dipakai Litecoin, artinya belum ada modifikasinya. Scrypt jane itu beda lagi, scrypt yg ini lebih makan memori lebih. Scrypt N tu algo yg dipakai vertcoin.

    Untuk premine, setelah final compile (mungkin besok, atau lusa), saya akan mine selama 60 menit (1 jam) untuk testing agar nyaman pada saat launchingnya. Setelah tidak ada problem, mine akan saya hentikan sampai hari launching. Hasil mine 1 jam ini akan digunakan untuk membiayai server seed, block explorer, bayar kopi, domain, dsb. dan sebagian akan dilemparkan ke Indocoin faucet untuk dibagikan ke teman2 yg ingin memulai.
     
  7. digitizing

    digitizing New Member

    apakah sudah ada strategi untuk meningkatkan nilai dari IDC ini ?
    dan bagaimana untuk exchange-nya ntar ?
     
  8. naitpes

    naitpes New Member

    H-3 nanti akan saya mulai promosi aktif di bitcointalk, posting lapak di altcoin beserta detail spesifikasi dsb. Nanti akan saya coba hubungi member2 yg mengoperasikan exchange supaya menambahkan IDC nantinya.
     
  9. naitpes

    naitpes New Member

  10. bonar

    bonar Member

    wah, mantab gan... guud luck buat indocoin nya... sayang masih versi scrypt... dimana, bagi kita gpu miners aga susah bersaing dengan gridseed. ditunggu untuk update scrypt x11 nya
     
  11. caffein123

    caffein123 New Member

  12. DHIMAS

    DHIMAS New Member

    Numpang jualan gan....

    Paket Flash Ultima 5GB (Simpati) dan 3,5 GB (AS) /1bulan Harga IDC 650.000

    Cek *363# dari kartu Simpati/AS agan.

    SMS: 085725381577

    IDC Wallet : GQnc96FukeksDQqxeKCFqCTRvLABympmsU
     
  13. tolasbisnis

    tolasbisnis New Member

    Pagi ini saya akse ke website IndoCoin tidak bisa mengapa ya? Mudah-mudahan ada jalan keluarnya
     
  14. dotikola

    dotikola New Member

    ini apakah sudah jadi coin scam....karena beritanya di media lain sangat sedikit yang mereviewnya
    kunjungi kami gan sekali-kali eden
     

Share This Page



loading...
loading...