Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Bitcoin Membantu Mengurangi Sanksi Ekonomi Di Iran

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Apr 21, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Bitcoin Membantu Mengurangi Sanksi Ekonomi Di Iran - Bulan Februari, Valliollah Seif, gubernur bank sentral Iran, mengatakan kepada pers ditelevisi nasional bahwa iran akan menghapuskan penggunaan dolar A.S di dalam negeri, karena seiring situasi ekonomi negara bagian timur tengah yang kunjung membaik dan kawasan ini terus menjadi kawasan yang menguntungkan untuk bitcoin.

    Selama beberapa tahun terakhir Iran dipercaya sebagai kandidat yang sempurna untuk merangkul utilitas tahan sensor Bitcoin. Hal ini karena pengaruh sanksi Amerika Serikat terhadap Iran, yang ketat memberlakukan larangan ekonomi dan perdagangan embargo terhadap Iran. Banyaknya negara-negara lain juga mengikuti sanksi tersebut meskipun Amerika Serikat dan dewan keamanan PBB telah menempatkan banyak tekanan pada sekutu untuk mendukung pedoman perdagangan.

    Namun adanya sanksi ekonomi yang ketat tentang Bitcoin di Iran ini bahkan sempat menjadi berita utama pada tahun 2012 lalu menurut Bloomberg. Artikel tersebut menjelaskan bahwa “dolar kurang diminati dan Iran lebih memilih mata Uang virtual”. Pada akhirnya Bitcoin menjadi cukup berharga di Iran, karena mereka bisa dipakai di luar negeri dan juga lebih mudah bertransaksi ketimbang uang fisik.

    [​IMG]

    Legalitas Bitcoin di Iran belumlah jelas dan belum resmi diakui oleh negara. Masyarakat saat ini bergantung pada Localbitcoins untuk Bitcoins mereka dan juga memanfaatkan pasar yang disebut Coinava. pasar peer-to- peer telah menawarkan Platform Iran untuk membeli dan menjual Bircoins sejak 2013. Coinava mirip dengan Craigslist yang membuat pengguna virtual money ini untuk dapat saling bertemu demi perdagangan Bitcoins di daerah mereka. Platform Bitcoins Iran menggunakan escrow yang berfungsi untuk menahan dana yang diperdagangkan, dan biaya kedua belah pihak dikenakan 1 % untuk transaksi.

    Grup Facebook bitcoin di Iran bahkan memiliki lebih dari 31.000 anggota dan ada yang sangat aktif, selain itu perusahaan sepatu di Iran mampu berjualan dengan mengunakan Bitcoin. Perusahaan sepatu kulit Persia tersebut bahkan telah memulai menggunakan bitcoin untuk penjualan pnline mereka demi mengurangi resiko sistem pembayaran. Dengan adanya pengguna Bitcoin untuk bisnis kecil ini nyatanya mampu mebuat bitcoin bisa mencari pelanggan secara global. Penggunaan Bitcoin untuk ekuitas Iran di bursa efek juga sangat membantu untuk menghindari sanksi ekonomi yang ada di Iran

    Sebuah outlet berita lokal Iran menyebutkan bahwa perusahaan swedia yang bernama Brave New World Investasi berencana menggunakan Cryptocurrencies sebagai cara untuk memotong sanksi perdagangan di Iran. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mendanai operasional Bitcoin sebagai sarana investasi ekuitas Iran di Bursa efek Teheran (TSE), yang berbasis di Swedia Linkoing. Brave New World (BNW) juga mengatakan mereka memulai usahanya karena bank Swedia ketakutan melakukan bisnis dengan lembaga keuangan Iran. Pendiri perusahaan Mikael Johanson mengatakan akan beroperasi sepenuhnya dengan Cryptocurrency dengan mitra mereka dan pemegang saham eropa.

    Bitcoin.com berbicara dengan Johansson dan bertanya apakah dia berfikir masalah mungkin timbul akibat sanksi amerika Serikat. Bagi yang tidak tahu tentang Counterparty Bitcoin dengan baik selalu mengalami kendala akibat sanksi, untuk itu diperlukan audit dari setiap transaksi untuk memastikan tidak ada sanksi yang sengaja dilanggar. Perlawanan warga Iran dengan menggunakan sensor Bitcoin ini sangat bermanfaat untuk warga Iran sendiri bahkan hal ini membuat beberapa perusahaan ingin melakukan bisnis di timur tengah. Dengan jauhnya Bank central mengeluarkan dollar amerika Serikat dari penduduk wilayah dapat menemukan atribut Bitcoin yang dianggap lebih mudah untuk digunakan
     
    Last edited: Apr 21, 2017

Share This Page



loading...
loading...