Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Wikitribune Project Akan Menggunakan Bitcoin

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, May 30, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Founder Wikipedia yaitu Jimmy Wales memiliki respect yang cukup tinggi dengan komunitas bitcoin. Pada bulan April lalu, tepatnya 25 April, dia memposting di Reddit bahwa ia memiliki project baru yang bernama Wikitribune. Dalam pos yang sama Wales juga mengungkapkan bagaimana kebaikan yang didemostrasikan komunitas bitcoin sebelum dan sesudah Wikipedia mulai menerima donasi bitcoin. Bahkan Wales juga mengungkapkan bahwa dia akan menggunakan bitcoin untuk memberikan fee kepada reporter yang direkrutnya untuk project ini.

    [​IMG]

    Wikipedia dan Sejarah Dengan Bitcoin

    Sebenarnya langkah Wales ini bukanlah sebuah kejutan karena ia memiliki ikata yang sangat kuat dengan para pengguna bitcoin. Dia memulai hubungannya dengan mata uang digital pada tahun 2014 silam tepatnya pada bulan Maret, di mana saat itu dia mengupdate status di Twitternya dengan status “bermain dengan BTC”. Di bagian bawah postingan ini Anda akan melihat alamat BTC milik Wales. Kla itu dia menerima donasi sebesar 5 BTC.

    Donasi inilah yang memberikan efek pada Wales. Tepatnya pada 11 April 2014 dia mengupdate status twitter nya lagi dan menyampaikan bahwa ia akan melakukan sedikit perubahan dalam hal donasi di Wikipedia.

    Tidak sampai sebulan berlalu, dia membuat akun Coinbase dan memposting pengalamannya di Reddit. Bahkan dalam postingannya dia mengaku sebagai pemula dan memiliki beberapa pertanyaan. Komunitas Bitcoin bereaksi dengan postingan Wales ini lalu membantu menjawab berbagai pertanyaan Wales. Bahkan Rees dari Coinbase juga ikut menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Wales lho.

    Lalu di tanggal 30 July 2014, Wikimedia Foundation (termasuk Wikipedia) merilis postingan di blog yang menyatakan bahwa saat ini mereka menerima donasi dalam bentuk Bitcoin. Pada postingan ini dijelaskan bagaimana perjalanan meeka bisa bekerja sama dengan Coinbase secara resmi.

    Berikut ini adalah pernyataan resminya:

    “Kami menemukan cara baru untuk bekerja dengan tantangan teknik di masa lalu bersamaan dengan meminimalkan resiko legal dari menerima Bitcoin. Melalui kerja sama kami dengan Coinbas yang merupakan prosesor pembayaran dan dompet bitcoin, maka kami dengan cepat akan menukar bitcoin ke mata uang dolar A.S.,kami masih membutuhkan implementasi teknik minimal pada project ini.”

    Pengalaman Wales dengan Botcoin dan komunitas Botcoin membuat dia menyanjuung semua orang. Ini menguatkan inisiatifnya untuk melibatkan reporter bitcoin ke dalam project barunya. Wales menyatakan bahwa dia merencanakan Wikitribune untuk menjadi situs pemberitaan media netral di mana para jurnalisnya akan dibayar keseluruhan dalam bentuk donasi. Bagaimanapun, dia juga menyebutkan bahwa project ini terpisah dari Wikimedia Foundation atau project Wikipedia. Project ini berdiri sendiri yang berarti untuk menjaga penulisan berita dari praktek obyektif.

    Dia secara khusus mengatakan bahwa sekitar 50% dari kontribusi akan masuk ke gaji jurnalis sedangkan sisanya akan masuk ke biaya-biaya lainnya. Tak lupa Wales juga mengatakan bahwa dia sangat bangga terhadap komunitas Bitcoin, dia bersumpah akan menggunakan 100% konstribusi yang sampai ke alamat donasi Wikitribune untuk merekrut reporter netral yang berkualitas tinggi untuk masalah Bitcoin atau Blockchain.

    Jadi para Bitcoiners, apakah Anda tertarik untuk bergabung dengan project WIkitribune ini? Anda bisa menyalurkan donasi Bitcoin Anda tanpa ragu..
     

Share This Page



loading...
loading...