Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Warren Buffet Tak Percaya Bitcoin = Investasi, Anda Bagaimana?

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, May 10, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Warren Buffet merupakan salah satu investor yang memiliki pengaruh besar dalam dunia investasi. Hampir setiap statement seputar investasi yang dikeluarkan memberikan pengaruh yang besar pula. Warren Buffett biasanya mengeluarkan statement yang ia yakini. Hampir semua perkembangan dalam dunia investasi tidak terlewatkan olehnya. Termasuk perkembangan cryptocurrency yang akhir-akhir ini cukup mencuri perhatian.

    Sayanganya, statement yang dikeluarkan Warran Buffett bukanlah sesuatu yang ingin didengar oleh para pengguna cryptocurrency khususnya bitcoin. Pasalanya Buffett mengatakan bahwa ia tidak yakin tentang manfaat dari trading bitcoin dan jenis kripto-kripto lainnya. Ia juga mengatakan bahwa membeli Bitcoin tidak bisa disamakan dengan investasi.

    Dalam wawancaranya dengan Yahoo Finance menjelang pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire Hathaways Inc., Buffett mengatakan bahwa membeli mata uang kripto seperti Bitcoin dan sejenisnya dianggap sebagai investasi yang tidak tepat. Buffett juga meyakinkan bahwa mereka tidak memiliki ketertarikan sedikitpun dalam dunia kripto. Jika ia sering mendapat masalah dari sesuatu yang ia sudah ketahui, lalu mengapa ia harus mengambil posisi panjang untuk sesuatu yang ia tidak ketahui, tambahnya.

    [​IMG]

    Maksud dari pernyataan ini bisa merujuk pada pengakuan Buffett sebelumnya yang mengatakan bahwa ia sedikit banyak mengetahui tentang cryptocurrency dan menganggap bitcoin sebagai pemain spekulatif yang setara dengan berjudi karena tidak ada yang tahu persis bagaimana kinerja keseluruhannya.

    Buffett juga menilai bahwa bitcoin berbeda dari investasi utama lainnya dimana koin digital ini tidak benar-benar menghasilkan suatu profit yang jelas. Cara kerja bitcoin dan uang kripto lain ini tidak lebih hanya mengandalkan orang berikutnya untuk membayar lebih agar laba bisa diraup.

    Buffett membandingkan bitcoin dengan jenis investasi lainnya seperti pertanian, properti atau bisnis berwujud lainnya yang bisa dilakukan secara pribadi dan investor bisa melihat sendiri investasi yang ia miliki dapat memberikan penghasilan kepada pemiliknya. Sedangkan jika investor membeli suatu uang cryptocurrency anda tidak akan memiliki apapun yang menghasilkan. Pemilik hanya bisa berharap seseorang membeli bitcoinnya dengan harga yang lebih tinggi.

    Saran mitra bisnis Warren Buffett sebelum investasi bitcoin

    Charlie Munger sebagai mitra bisnis utama Warren Buffett memandang skeptis terhadap bitcoin. Munger menganggap bitcoin sebagai instrumen yang mengandung wabah kegilaan yang harus dihindari. Bitcoin menyajikan ide buruk dengan memikat investor menggunakan konsep meraih kekayaan dengan mudah tanpa didukung pengetahuan dan usaha. Jika masih ada cara lain untuk mencari kekayaan, mengapa harus mengambil jalan dengan memilih bitcoin yang tidak memiliki kejelasan dan diangap sebagai kegilaan total.

    Charlie Munger mengawali perkenalan dengan keluarga Buffet sejak remaja ketika ia bekerja di Supermarket Buffet & Son milik kakek Warren Buffett. Kendati memiliki hubungan dengan keluarga Buffet yang sangat erat namun lulusan Hardvard Lawa School ini memilih untuk menjalankan bisnis pilihannya sendiri. Saar ini berdasarkan informasi dari Forbes kekayaan Charlie Munger mencapai USD 1.7 milliar.

    Munger mengatakan dengan tegas bahwa investasi bitcoin tidak sebanding dengan emas karena investasi emas memiliki instrumen investasi yang lebih berharga dibandingkan bitcoin. Bukti kuat mengapa emas lebih berharga dari bitcoin adalah karena emas tidak bisa ditemukan oleh manusia dengan mudah. Hal ini berbeda dengan bitcoin yang mampu diciptakan lebih banyak.

    Charlie Munger bukan satu-satunya yang gencar mengkritik eksistensi bitcoin. Seth Klarman yang merupakan salah satu investor terkemuka juga menyebut transaksi mata uang kripto sebagai perdagangan “ikan sarden”.

    Kendati terkadang kata-kata Warren Buffet dapat mempengaruhi gelombang pasar saham namun harga cryptocurrency cenderung stabil menyusul komentarnya. Harga bitcoin hanya sedikit menurun skitar US$ 14.400.
     

Share This Page



loading...
loading...