Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Tak Mau Kalah BI Hendak Terbitkan Uang Digital Sendiri

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Aug 12, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Uang digital tak kalah pamornya dengan uang elektronik. Perbedaan uang elektronik dengan uang digital sendiri ialah pada bentuk fisiknya. Jika uang elektronik biasa berupa transferan uang moneter yang disimpan pada kartu atau aplikasi. Uang digital sendiri tidak dimiliki oleh suatu negara namun berdiri sendiri. bentuk fisiknya berupa uang virtual yang tak bisa anda pegang secara fisik. Keunggulannya sangat banyak sekali selain bisa anda gunakan diberbagai negara tanpa pusing untuk menukarkannya ke mata uang negara tersebut ternyata penggunaan uang digital mengurangi tindak kejahatan pencurian. Untuk kenyamanan dan keamanan juga sangat terjamin sehingga tak heran banyak negara maju mulai pindah memakai uang digital tersebut seperti Jepang,India atau Amerika Serikat. Negara berkembang yang terkenal memiliki nilai tukar mata uang yang tragispun seperti Zimbabwe juga sangat ramah dengan uang digital ini.

    Uang Digital Tak Bisa Diretas

    Tahukah anda jika uang digital seperti bitcoin, ethereum atau litecoin sangat sulit untuk diretas. Jika anda sering mendengar kasus pencurian uang digital maka hacking terjadi pada perusahaan yang menyimpan atau memperdagangkannya seperti bursa cryptocurrency. Untuk meretas teknologi uang digital ini sangatlah tidak mungkin. Kebanyakan menggunakan teknologi blockchain yang sangat canggih dan saling terintegrasi. Jangan heran jika pencatatan transaksi uang digital ini juga dilakukan secara otomatis tanpa bantuan manusia. Untuk mendapatkan uang digital tersebut ada yang menggunakan jalur jual beli dan ada pula yang memakai cara menambang.

    Berkat blockchain transaksi uang digital tak perlu diawasi oleh pihak ketiga dan tidak ada campur tangan pihak manapun. Jika harga suatu uang digital mendadak naik ataupun turun maka hal tersebut lebih dipengaruhi oleh permintaan pasar serta isu politik. Tak ada waktu libur dan transaksi bisa dilakukan 24 jam penuh non stop jika anda memilih memakai uang digital.
    [​IMG]
    BI Ingin Terbitkan Uang Digitalnya Sendiri

    Selama ini nilai uang moneter atau kurs rupiah sendiri juga dipengaruhi oleh kebijakan bank Indonesia (BI). Peran BI di dalam perekomonian tanah air diantaranya ialah sebagai berikut :

    a. Menjaga kestabilitas moneter melalui suku bunga yang diatur olehnya

    b. BI membantu terjadinya sistem pembayaran seperti kemungkinan gagal bayar dengan sistem real time gross settlement

    c. Adanya BI maka lembaga keuangan juga terbantu untuk memiliki kinerja yang baik dan kredibel

    d. Ia juga bertugas sebagai jaring sistem keamanan bagi perekomonian tanah air

    e. Tak hanya itu BI juga bertugas untuk menerbitkan uang giral seperti cek ataupun bilyet giro

    f. Arus pembayaran dan pelayanan antar bank juga dikelola oleh bank Indonesia

    g. Ia juga bertugas untuk mengelola cadangan devisa negara yang berguna untuk mendanai kegiatan negara diberbagai bidang.

    Melihat pesona uang virtual yang sangat prestisius maka BI juga berniat untuk menerbitkan uang digitalnya sendiri. Uang digital ini disebut dengan CBDC yakni kependekan dari central bank digital currency. Keunggulan dari uang digital milik BI ini ialah lebih terjamin dan resmi dikeluarkan oleh otoritas moneter sehingga pertanggung jawabannyapun jelas. Adanya CBDC ini bisa memberikan keamanan yang lebih dalam bertransaksi dengan menggunakan uang digital. Pasalnya hingga kini BI masih tidak merestui segala transaksi dengan cryptocurrency biarpun bitcoin telah mendapatkan izin Bappepti. Walau masih wacana kabarnya akan ada kajian lanjutan terkait hal ini sehingga tidak memungkinkan CBDC akan segera beredar ditengah masyarakat.
     

Share This Page



loading...
loading...