Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Simak Bagaimana Bitcoin Merubah Venezuela

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Jan 7, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Venezuela merupakan negara yang terletak di ujung utara Amerika Selatan. Negara ini mirip sekali dengan kota Venice di Italia sehingga dahulunya banyak penjelajah yang mengagumi keindahan negara ini. Negara dengan bahasa Spanyol ini nyatanya juga mampu berubah setelah bitcoin masuk sebagai alat pembayaran disana. Percaya atau tidak banyak perubahan yang terjadi di Venezuela pasca mereka mengenal bitcoin. Bitcoin merupakan alat pembayaran virtual yang bisa anda gunakan untuk pembayaran berbagai macam transaksi di beberapa negara. Bitcoin tidak terikat dengan pemerintah dan berdiri sendiri sehingga sangat transparan.

    Krisis Venezuela Kala Itu

    Venezuela dikenal sebagai negara penghasil minyak layaknya beberapa negara di timur tengah. Dengan jumlah minyak yang melimpah tentu negara memiliki pendapatan yang cukup. Sayang hal ini ditepis oleh pernyataan Nicholas Maduro selaku presiden Venezuela. Venezuela juga harus mengimpor bahan makanan untuk member makan 30 juta warganya. Akun bank mereka saja hanya terisi US$ 10 miliar karena baru saja melakukan pembayaran hutang yang mencakup 1.1 miliar pada November lalu. Maduro sendiri menyalahkan Donald Trump atas keuangan Venezuela saat ini. Hal ini dikarenakan Trump melayangkan sanksi untuk melarang utang baru untuk pemerintah Venezuela maupun perusahaan minyak dari negara tersebut. Tak heran apabila keuangan Venezuela menjadi kocar kacir karena tak bisa berbisnis dengan AS.

    [​IMG]

    Bitcoin Hadir Sebagai Alat Bertahan Hidup

    Harga minyak turun dan utang pemeintah yang semakin besar sangat dirasakan pula oleh warga Venezuela. Hal ini dikarenakan mata uang negara tersebut yakni bolivar juga ikut anjlok seiring krisis perekomonian Venezuela. Untuk bertahan hidup warganya banyak menukar bolivar kedalam bitcoin sebagai alat pembayaran dan juga tabungan. Dalam satu minggu saja perdagangan bitcoin di negara ini telah mencapai angka USD 2.1 juta dalam minggu pertama bulan Desember kemaren. Warganya memakai bitcoin untuk membeli tiket pesawat, obat-obatan , membayar gaji pegawai hingga tabungan. Para warga Venezuela biasa memakai bitcoin melalui smartphone dengan perantara Colibit serta LocalBitcoins sebagai bursa penukaran bitcoin.

    Miner Venezuela Harus Teregistrasi Pemerintah

    Besarnya pengaruh bitcoin di Venezuela membuat aktivitas menambangnya tak luput dari perhatian pemerintah. Pada tanggal 22 Desember 2017 lalu pemerintah melaunching registrasi online bagi para penambang bitcoin dari negara tersebut. Registrasi online ini dilakukan untuk mengtahui siapa saja miner Venezuela, dengan apa mereka menambang dan dimana lokaisnya. Banyak sekali miner yang tak sependapat dengan keputusan pemerintah satu ini. Disisi lain pemerintah hendak mengurangi tindak kejahatan berbasis uang virtual karena tak terintegrasi dengan bank – bank yang ada disana.

    Tak Mau Kalah Dengan Bitcoin Venezuela Juga Hadirkan Uang Virtual

    Bolivar Venezuela dinyatakan anjlok terhadap dolar hingga 95,5 %. Tak ingin terus terpuruk dalam krisis Venezuelapun meluncurkan Petro yakni uang virtual milik pemerintah negara tersebut. walau Venezuela masih menyimpan beberapa cadangan gas, minyak ataupun emas namun warganya memilih memakai bitcoin untuk bertahan hidup ketimbang mata uang negara itu sendiri. melihat bitcoin banyak digunakan di negara tersebut pemerintah mulai mengembangkan Petro sebagai pengganti bitcoin. Hingga saat ini belum jelas kapan uang virtual ini diluncurkan dan dikembangkan. Untuk membangun sebuah uang virtual tak semudah membalikan tangan. Perlu sistem yang kuat dengan tingkat keamanan tinggi agar tak mudah diretas oleh hacker. Adanya Petro memang akan meramaikan pasar uang virtual namun jika uang tersebut tak mampu bersaing dengan yang lainnya bisa saja Petro mati ditengah jalan
     

Share This Page



loading...
loading...