Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Senator Autralia Dukung Bitcoin Jadi Mata Uang Resmi

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Aug 10, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Senator Autralia Dukung Bitcoin Jadi Mata Uang Resmi - Kepopuleran bitcoin memang tak pernah dilakukan lagi terlebih dimasa teknologi semakin maju saat ini. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 perkembangan bitcoin semakin meningkat setiap tahunnya selain menjadi uang alternative kini bitcoin bahkan dijadikan alat pembayaran resmi di beberapa negara. Munculnya bitcoin juga menelutkan alternative uang virtual lainnya seperti ethereum. Kini nampaknya Australia juga berupaya untuk menjadikan uang virtual ini sebagai alat pembayaran resmi negara tersebut. Dua senator Australia kabarnya mendorong pihak perbankan untuk menggunakan bitcoin agar tidak tertinggal dalam hal daya saing keuangan dengan bank – bank global lainnya.

    Bitcoin menjadi mata uang resmi ?

    Senator Sam Dastyari dan Senator liberal Jane Hume kini merangkul Reserve Bank of Australia atau RBA untuk menjadikan bitcoin sebagai mata uang resmi. Menurut laporan dari Sydney Morning Herald senator Dastyari mengemukakan bahwa RBA akan merangkul bitcoin sebagai salah satu alat pembayaran mereka. Senator Dastyari sendiri diketahui mewakili beberapa negara bagian di Australia seperti New South Wales sedangkan senator Hume mewakili Victoria yang notabenenya negara berpenduduk terpadat di Australia. Industry jasa keuangan di Australia juga dinilai cukup maju terbukti dengan transaksi yang setiap tahunnya mampu menembus angka $145 miliar per tahunnya. Senator Dastyari berpendapat hadirnya bitcoin bisa menjadi batu loncatan bai lembaga keuangan Australia untuk memajukan perekomonian Australia lebih maju lagi kedepannya.
    [​IMG]

    Ketertarikan senator Australia ini terhadap bitcoin ternyata sudah sejak tahun 2014 dengan munculnya sebuah artikel yang ditulis langsung oleh Senator Dastyari serta Senator Matt Canavan berjudulrevolusi pasar uang imbas dari munculnya bitcoin dan mata uang digital lainnya. Pada bulan September 2015 lalu senator nasional yakni Matt Canavan juga mendukung adanya bitcoin di negara kangguru itu berasal. Mereka berpikir jika produk saja memiliki persainganya sendiri kenapa pasar uang tidak dibiarkan untuk memiliki persaingan pasar sendiri.

    Resiko Yang Didapat Australia

    Bukan rahasia umum lagi bila transaksi dengan menggunakan uang virtual juga dikenai pajak berganda oleh pemerintah Australia. Namun demi menjadikan Australia sebagai pemimpin dunia dalam bidang fintech aturan pajak bergandapun dihapuskan pada tanggal 1 Juli 2017. Tak pelak jika bitcoin semakin mudah melenggang masuk ke pasar uang Australia. Biarpun begitu senator Dastyari jugamenuturkan bahwa Australia masih jauh dalam hal memproduksi barang serta jasa dengan harga murah sehingga mereka masih kalah saing dengan negara tetangga. Adanya bitcoin dapat membuka peluang bagi Australia untuk bersaing dalam hal layanan keuangan.

    Australia ingin merangkul teknologi keuangan dan mata uang digital sesuai laporan anggaran 2017-2018 di negara tersebut . Laporan tersebut merinci bahwa Australia berkomitmen untuk menjadi pemimpin teknologi global dan paket anggaran tersebut bertujuan untuk memposisikan industri lokal. Sejauh menyangkut bitcoin, pemerintah telah memutuskan untuk mengubah undang-undang pajak barang dan jasa negara (GST) untuk mengakhiri perpajakan ganda digital. Kini setelah adanya dukungan dari pemerintah atas regulasi terkait bitcoin tentunya industry local Australia juga harus mampu meningkatkan kualitas dan pelayanan sehingga mampu bersaing secara global.

    Bitcoin telah lama berkembang di Australia serta sangat popular dikalangan masyarakat sebagai salah satu alat pembayaran yang efisien dan efektif. Australia bahkan telah memilki 13 ATM bitcoin dan beberapa layana pertukaran serta broker seperti Coinjar, Bit Trade Australia, dan Coin Loft. Di samping itu, volume Localbitcoins di Australia telah meningkat secara eksponensial tahun ini.
     

Share This Page



loading...
loading...