Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Sebelum Bertransaksi Bitcoin Kenalan Dulu Dengan Dompet Bitcoin

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Aug 13, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Siapa sih yang tidak ingin memulai berinvestasi bitcoin? tentunya banyak dari anda ingin menabung uang virtual termahal ini. Bitcoin memang punya nilai tukar yang tinggi bahkan per kepingnya bisa anda gunakan untuk membeli 1 unit mobil. Tak heran bila penggunanya mulai meningkat beberapa waktu belakangan ini. Sebelum bertransaksi bitcoin khususnya bagi ana yang masih pemula tentu wajib mengetahui istilah-istilah yang digunakan dalam proses transaksi. Salah satu istilah tersebut tidak lain ialah dompet bitcoin. Bagi anda yang masih baru dibidang ini tentu bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan dompet bitcoin dan untuk apa dompet bitcoin tersebut.

    Pengertian Dompet Bitcoin dan Fungsinya

    Dalam bertransaksi bitcoin baik membeli atau membayar tagihan dibutuhkan dompet bitcoin sebagai wadah uang digital yang dimiliki. Dompet bitcoin ini merupakan rekening virtual anda dimana bitcoin yang anda miliki tersimpan. Dengan adanya dompet bitcoin maka anda dengan mudah menerima atau mengirim bitcoin. Untuk mengakses dompet bitcoin anda memerlukan private key yang hanya diketahui oleh pemilik alamat bitcoin. anda bisa mencetak private key dengan printer atau menyimpannya dalam computer. Apabila private key diketahui oleh orang lain maka siapapun bisa mengakses dompet bitcoin anda dengan mudah.private key biasanya terdiri dari barisan huruf dan angka yang besar kecilnya tak sama sehingga password yang digunakan tak mudah untuk dibobol.
    [​IMG]

    Selain private key dikenal pula istilah public keys untuk mengidentifikasi alamat pengirim dan penerima bitcoin. dengan mengetahui public key maka anda bisa melanjutkan transaksi yang anda butuhkan dengan partner bisnis anda. biasanya public key memiliki barisan password yang lebih pendek ketimbang private keys. Dompet bitcoin tak hanya bisa diakses pada PC namun juga dari smartphone yang anda miliki. Anda cukup download dan install saja di masing-masing smartphon yang dimiliki.

    Jenis Wallet Yang Dimiliki

    Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya bahwa dompet bitcoin ini bisa diakses diberbagai jenis gadget. Ada beberapa sebutan yang digunakan untuk dompet bitcoin berdasarkan gadget yang digunakan untuk mengaksesnya diantaranya ialah sebagai berikut :

    a. Web Wallet

    Web wallet ini merupakan dompet uang virtual yang disediakan oleh pihak ketiga sehingga untuk mengaksesnya anda perlu menuju link website tertentu. beberapa perusahaan penyedia web wallet diantaranya ialah Xapo,Coinbase atau Counterwallet. Dalam menggunakan web wallet anda perlu ekstra kehati-hatian dalam memilih perusahaan penyedia dompet bitcoin yang anda butuhkan.

    b. Mobile Wallet

    Selain web wallet tersedia pula mobile wallet yang mana berupa aplikasi sehingga dalam membayar tagihan anda cukup menscan QR barang dan secara otomatis akan memotong saldo dompet bitcoin. selain mengandalkan scan kode QR anda juga bisa memakai NFC yakni mengtap smartphone. Beberapa contoh mobile wallet ini ialah bitcoin wallet, bitwallet, bitalo atau paytune.

    c. Desktop Wallet

    Desktop wallet merupakan aplikasi desktop yang bisa didownload dan terinstal di computer anda. beberapa contoh dari desktop wallet ialah multibit, bitcoin-QT atau electrum. Electrum merupakan desktop wallet yang kabarnya lebih user friendly dan lebih cepat ketimbang desktop wallet lainnya.

    Jangan hanya berfokus pada bitcoin saja sebenarnya banyak alternative coin yang menjanjikan. Beberapa diantaranya ialah Xrates, Ripple atau Dash. Bitcoin cash juga bisa jadi pilihan anda jika modal untuk membeli bitcoin belum cukup. Nah, kini anda sudah tahu kan fungsi wallet dalam uang digital itu untuk apa saja, yuk segera dapatkan dan mulai berinvestasi.
     

Share This Page



loading...
loading...