Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Rusia dan Jepang Mempertimbangkan Mata Uang Digital Bersama untuk Kepulauan Kuril

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Apr 2, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Rusia dan Jepang dapat memperkenalkan mata uang digital bersama untuk penduduk timur jauh Kepulauan Kuril. Kepulauan Kuril adalah kepulauan yang membentang ke timur laut dari Jepang tepatnya dari Hokkaido. Kepulauan ini membentang dari Hokkaido hingga Kamchatka. Kepulauan ini memang berada diantara Jepang dan Rusia, namun Kepulauan Kuril adalah bagian dari Rusia tepatnya bagian dari Oblast Sakhalin. Kepulauan Kuril dikenal juga sebagai Kepulauan Kurile di Rusia. Jepang mengenal Kepulauan Kuril sebagai Kepulauan Chishima.

    [​IMG]

    Jepang dan Rusia pernah bersengkata mengenai kedaulatan dari Kepulauan Kuril Selatan. Saat ini beberapa pulau yang disengketakan berada dibawah administrasi negara Rusia. Pulau ini masuk dalam Distrik Kuril selatan tepatnya Oblast Sakhalin. Jepang juga mengklaim pulau-pulau tersebut sebagai bagian dari Teritorial Utara Jepang.

    Disamping adanya sengketa antara Jepang dan Rusia mengenai wilayah ini, sekarang kedua negara ini tengah memikirkan pengembangan wilayah ini. Rusia dan Jepang tengah mempertimbangkan mata uang digital bersama untuk Kepulauan Kuril. Menurut sebuah laporan yang disoroti oleh berita Rusia yang bersumber dari Future Banking, otoritas Jepang telah mengajukan sebuah program. Otoritas Jepang telah mengajukan sebuah program untuk pertumbuhan ekonomi bersama untuk daerah tertentu. Program tersebut mencakup ketentuan mata uang “yang akan merangsang pertumbuhan ekonomi.”

    “Proyek-proyek tersebut hanya dapat ditindaklanjuti jika kondisinya tidak melawan hukum Rusia,” Maria Zakharova, perwakilan resmi dari Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia, yang mengomentari gagasan tersebut,. “Kami akan senang untuk mempelajari tawaran dari Jepang.”

    Bank Sentral Rusia menolak komentar lebih lanjut terkait mata uang tersebut. Menurut mereka topik tersebut sedikit berbau politik sehingga permintaan untuk informasi lebih lanjut mengenai mata uang yang potensial tidak bisa digali lebih dalam.

    Jika mata uang digital ini terlaksana bukan hanya Kepulauan Kuril yang akan merasakan dampaknya. Daratan Jepang yang berada paling dekat dengan Kepulauan ini seperti bagian utara Hokkaido juga akan mendapat manfaat dari pengenalan mata uang tersebut. Di sisi lain, kedua negara baru-baru ini melunak sikap mereka terhadap bitcoin. Rusia mengumumkan tidak akan lagi berusaha melarang bitcoin, sementara Jepang telah mempersiapkan undang-undang resmi mengenai bitcoin akhir tahun ini.

    Bunga bitcoin di Jepang sendiri telah menjadi fokus utama. Pasar bitcoin jepang telah menjadi perdagangan bitcoin terbesar di dunia setelah volume di Cina menurun drastis. Pertumbuhan pasar valuta bitcoin Jepang dinilai luar biasa. Disamping turunnya volume di Cina ada banyak faktor lain yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ini. Salah satu hal yang nampaknya berpengaruh pada indutri bitcoin di Jepang adalah peraturan praktis yang dimiliki Pemerintah Jepang. Satu set tagihan legitimasi telah disetujui oleh kabinet Jepang pada bulan Mei tahun lalu. Legitimasi ini diberikan pada bitcoin serta mata uang virtual lainnya yang dinilai sebagai mata uang. Seorang spesialis mata uang virtual dari Jepang berpendapat bahwa hukum yang ditetapkan di Jepang akan membantu dalam memperluas penerimaan bitcoin serta mata uang virtual lainnya. Menurutnya peraturan ini juga akan membuat investor, lembaga keuangan dan biro iklan untuk semakin yakin dapat relevan dengan bitcoin.

    Bagaimana pun, jika program mata uang digital tersebut telaksana maka Kepulauan Kuril dan daerah disekitarnya akan merasakan manfaat. Mata uang digital bersama ini tentu juga bisa merangsang pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut, bukan tidak mungkin jika keadaan ekonomi di daerah itu menjadi semakin baik.
     

Share This Page



loading...
loading...