Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Pergerakan Bitcoin di Negara Sakura, Jepang

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Mar 26, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Jepang merupakan negara yang menjadi tonggak lahirnya bitcoin. Belum ada pernyataan pasti yang menyatakan siapa yang menemukan mata uang digital ini, kendati kemudian nama Satoshi Nakamoto muncul kepermukaan dan dianggap sebagai penemu. Seiring berjalannya waktu, bitcoin terlihat semakin menguat di negara Sakura tersebut ketika negara-negara lain mulai melarang peredarannya. Bitcoin adalah pelopor dari cryptocurrency yang mulai terkenal pada tahun 2017.

    [​IMG]

    Peristiwa Mt.Gox

    Sebagai negara pencetus, pergerakan bitcoin di Jepang dinyatakan sangat stabil. Jepang sendiri masuk dalam bagian negara yang memiliki bursa bitcoin besar selain yang ada di China. Akan tetapi pada tahun 2014 bitcoin Jepang mengalami penurunan yang diakibatkan oleh peretasan situs yang menimpa MT.Gox yang saat itu merupakan bursa bitcoin terbesar yang menjual 70% bitcoin ke seluruh dunia. Mt.Gox tiba-tiba menutup situsnya pada bulan Februari 2014 dengan alasan adanya peretasan situs. Perusahaan tersebut mengkalim kehilangan 850 ribu bitcoin yang senilai dengan 450 USD.

    Dunia bitcoin kemudian dikejutkan dengan ditangkapnya Mark Karpeles selaku CEO Mt. Gox dengan tuduhan melakukan kecurangan dan penggelapan terhadap bitcoin. Berita ini dengan cepat menyebar keseluruh Jepang dan mengakibatkan permasalahan pada peredaran bitcoin lainnya. Setelah kejadian ini, setiap transaksi yang melibatkan bitcoin selalu identik dengan penipuan, pencurian, pencucian uang yang membuka adanya kemungkinan kejahatan yang terjadi di masa mendatang.

    Bitcoin di Jepang setelah Mt. Gox

    Setelah peristiwa bitcoin yang menimpa Mt. Gox, terjadi perkembangan baru dalam dunia bitcoin Jepang. Perkembangan ini dipelopori oleh Goldman Sach yang merupakan seorang mantan trader dari perusahaan Fiance International yang memulai sebuah grub pertukaran bitcoin baru. Munculnya gagasan Sach ini membuat posisi bitcoin kembali tenang. Eksistensi bitcoin sepertinya kembali meningkat ketika salah satu perusahaan asal Singapura, QUOINE, menanamkan investasi bitcoinnya di Jepang. Setelah bitcoin mulai stabil kembali, munculah jenis-jenis crypto virtual lain yang turut meramaikan pasar cryptocurrency. Salah satunya adalah Monacoin yang biasanya digunakan para gamers untuk membeli barang secara online. Saat ini Monacoin berada pada urutan ke 35 mata uang virtual yang banyak digunakan.

    Status hukum bitcoin di Jepang

    Tahun 2017 dianggap sebagai tahun emas bagi dunia cryptocurrency khususnya bitcoin dimana bitcoin telah memiliki level harga tersendiri di pasaran. Hal ini dikarenakan pada tahun yang sama mulai banyak desas-desus tentang masa depan peredaran mata uang digital. Banyak pihak yang pro dan kontra dengan kehadiran mata uang digital ini. Puncaknya terjadi ketika dua negara yang sebelumnya memiliki bursa perdagangan bitcoin yaitu Korea Selatan dan China mengumumkan bahwa akan melarang peredaran bitcoin di negara tersebut. Padahal saat itu China menjadi negara yang memiliki beberapa bursa bitcoin yang cukup besar seperti BTCC, OkCoin dan Huobi.

    Kendati demikian, berbeda dengan pergerakan bitcoin di negara asal, Jepang. Tonggak bitcoin di Jepang semakin menguat ketika FSA, selaku Badan yang menangani regulasi keuangan di Jepang menyetujui 11 bursa cryptocurrency yang akan mulai beroperasi pada bulan September 2017. Setelah itu harga bitcoin menjadi melesat tinggi hingga $7.000. Bitcoin yang berasal dari Jepang juga menguasai 60% pasar bitcoin global dalam hitungan hari. Hal ini sejalan dengan munculnya mata uang digital lain seperti Ether, Litecoin, Ripple, Monacoin dan beberapa cryptocurrency yang turut disetujui peredarannya.

    Pembaharuan terus dilakukan oleh Jepang sebagai negara pelopor agar bitcoin dapat diterima di negara-negara lainnya. Kedepannya resiko-resiko yang membuntuti pengguna bitcoin dapat diperkecil sehingga pengguna lebih nyaman dalam bertransaksi.
     

Share This Page



loading...
loading...