Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Pengaruh Uang Virtual Pada Mastercard Yang Lebih Dulu Anda Kenal

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, May 18, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Sejak kemunculannya untuk pertama kali Mastercard menawarkan kemampuan untuk mengirim uang melalui blockchain daripada kartu kredit. Setelah mencoba mengembangkan teknologi bitcoin versi sendiri selama beberapa tahun terakhir, Mastercard mengumumkan mereka akan membuka blockchain pada bank dan pedagang tertentu sebagai metode alternatif. Sistem ini nantinya digadang lebih efisien untuk melakukan pembayaran barang atau jasa.

    Mastercard merupakan perusahaan Fortune 500 yang memfasilitasi pembayaran blockchain. Hal ini seolah menjadi salah satu tanda bahwa adopsi mainstream teknologi yang mendukung cryptocurrency semakin meningkat. IBM juga turut menguatkan bahwa pihaknya telah memulai proses pembayaran melalui blockchain miliknya sendiri diantara bank di Pasifik Selatan.

    Harapan Mastercard Terhadap Uang Virtual

    Seperti yang IBM katakan, Mastercard juga memiliki target pembayaran dengan lintas batas antara bisnis sebagai tujuan utama untuk blockchainnya yang tentunya hanya dapat digunakan oleh pengguna Mastercard. Blockchain Mastercard bagaimanapun berbeda dengan raksasa teknologi yang ada. Jika blockchain IBM hanya mentransmisikan uang dalam bentuk Lumens karena mata uang virtual tersebut dibuat oleh non-profit Stellar. Sedangkan blockchain dari Mastercard beroperasi secara independen dari cryptocurrency dan sebagai gantinya menerima pembayaran dalam bentuk uang lokal konfensional.

    [​IMG]

    Justin Pinkham selaku wakil presiden senior di Mastercard Labs yang memimpin inisiatif blockchain perusahaan kartu kredit mengatakan bahwa Mastercard tidak menggunakan atau meperkenalkan cryptocurrency baru karena sama saja dengan memperkenalkan tantangan baru yang mungkin akan bertentangan dengan hukum. Jika pengguna melakukan pembayaran maka apa yang bisa dilakukan adalah memindahkan dana tersebut dengan cara yang sama ketika kita memindahkan dana pada uang konfensional.

    Hal ini juga kontras dengan cara biasa yang digunakan blockchain saat ini, dimana mereka bertindak sebagai buku besar transaksi dalam cryptocurrency tertentu yang mengikatnya, seperti pada bitcoin dan Ethereum.

    Disisi lain Pinkman mengatakan bahwa Mastercard memiliki satu keuntungan yang tidak dimiliki oleh blockchain bitcoin yaitu jaringan penyelesaian yang mencakp 22.000 bank dan lembaga keuangan di seluruh dunia. Perusahaan juga masih bergantung pada mata uang yag dikeluarkan oleh pemerintah dalam melakukan bisnis, sehingga tidak mudah mata uang tunai menjadi cryptocurrency ataupun sebaliknya untuk masing-masing pembayaran blockchain. Bahkan dalam sistem bitcoin, anda memerlukan pertukaran jika mau menukarnya dengan Euro yang dapat menciptakan beberapa komplikasi.

    Mastercard berharap dapat memberikan manfaat dari teknologi blockchain, termasuk menawarkan cara yang aman dan transparan dalam membuat dan melacak pembayaran dalam sistem keuangan yang ada tanpa kerumitan mata uang digital. Hal yang diusung oleh Mastercard adalah kombinasi unik dari kemampuan blockchain dari jaringan penyelesaian Mastercard. Persaingan dalam pengembangan sistem ini juga cukup kuat. Terlihat dengan penyedia kartu kredit saingan Mastercard, Visa, juga telah bermitra dengan Jaringan Pengaktifan blockchain sebagai alat pengembang bisnisnya sendiri dan untuk pembayaran antar bisnis serupa.

    Uang Virtual Dan Sistem Bisnis Mastercard

    Bisnis dengan blockchain juga dapat memangkas biaya ketika melakukan pengiriman atau pembayaran lintas batas, yang biasanya melewati beberapa bank asing yang akan memakan biaya lebih dalam perjalanannya. Blockchain Mastercard, bagaimanapun dapat memperkecil perantara dan menghubungkan bank dengan pemasok secara langsung sehingga lebih cepat dan efisien.

    Meskipun enggan menyebutkan salah satunya, namun Pinkham mengatakan bahwa sejumlah perusahaan telah mendaftar untuk menggunakan blockchain Mastercard. Selain sebagai pembayaran, Mastercard membayangkan bahwa perusahaan dapat menggunakan blockchain untuk melacak pergerakan obat-obatan dan barang mewah seperti tas tangan dan berlian, sehingga dapat mengurangi penipuan dengan menyediakan “bukti asal”.
     

Share This Page



loading...
loading...