Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Mining Bitcoin tahun 2017: Bagaimana Tetap Untung dalam Lingkungan Menantang

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Apr 27, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Mining Bitcoin tahun 2017: Bagaimana Tetap Untung dalam Lingkungan Menantang - Mining bitcoin adalah proses penambahan catatan transaksi ke buku besar bitcoin dari transaksi di masa lalu. Pada masa-masa awal bitcoin, mining atau pertambangan dilakukan oleh komputer individu yang menjalankan node bitcoin saat mereka bersaing untuk memecahkan masalah algoritmik sambil mengkonfirmasikan transaksi pada Blockchain Bitcoin. Komputer yang paling cepat memecahkan masalah tertentu dihargai dengan jumlah bitcoin tertentu, dan begitulah koin baru diperkenalkan ke ekosistem, maka selanjutnya muncul istilah "Mining Bitcoin."

    Seiring berjalannya waktu, teknologi dan peralatan mining semakin meningkat dan berkembang menjadu lebih efisien. Hal ini menimbulkan meningkatnya tingkat kesulitan mining karena tingkat persaingan yang melejit. Alih-alih memiliki jutaan komputer individual secara independen untuk mining bitcoin di seluruh dunia karena dianggap sebagai niat asli pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto, yang bisa diperoleh saat ini adalah pemasangan peternakan mining besar-besaran.

    Peternakan mining Bitcoin biasanya terdiri dari sejumlah besar prosesor, yang dikenal sebagai kolam penambangan. Kolam ini saling terkait untuk bersaing sebagai satu unit dalam kompetisi pemrosesan transaksi pada Blockchain Bitcoin. Pada intinya, keadaan ini secara otomatis membuat sangat sulit bagi miner independen kecil untuk melakukan mining secara menguntungkan.

    [​IMG]

    Salah satu faktor utama yang menentukan kelangsungan usaha mining bitcoin adalah return on investment (ROI). Jure Pirc melihat mining bitcoin pada tahun 2017 sebagai petualangan yang sangat menantang. Dia mencatat bahwa setiap orang atau perusahaan yang memutuskan untuk berinvestasi di mining bitcoin harus mengerti bahwa saat ini ROI untuk miner paling efisien di pasar "Antminer T9" adalah antara 9 hingga 11 bulan. Sisi lain, waktu ROI bervariasi sesuai dengan biaya energi dan pendinginan. Oleh karena itu, negara dengan listrik yang terjangkau dan iklim yang lebih sejuk memiliki keuntungan besar dalam hal profitabilitas mining.

    Faktor penting lain yang perlu disebutkan yaitu bahwa perhitungan ROI juga didasarkan pada kesulitan jaringan yang berlaku yang terus meningkat seiring berjalannya waktu.

    Mengenai perangkat keras mining, Pirc mengatakan:

    "Saya mendapatkan cukup banyak permintaan untuk membantu dan memberi saran untuk menyiapkan operasi mining bitcoin dan hampir selalu hasil akhirnya akan lebih masuk akal untuk membuat rig mining GPU di mana pengguna atau miner memiliki lebih banyak pilihan."

    "Ketika memilih mata uang yang ingin ditambang, sementara dengan perangkat Bitcoin ASIC satu-satunya pilihan adalah menambang cryptocurrencies berbasis SHA256. Ada beberapa di antaranya yang masih dalam tahap proof of work, "tambah Pirc.

    Bagi pendatang baru di ekosistem bitcoin, Pirc berpikir bahwa proses mining individu bisa menjadi petualangan yang sangat kompleks. Pakar Riset Blockchain, Sean Brizendine, menggambarkan profitabilitas mining bitcoin pada tahun 2017 sebagai fenomena yang tidak dapat diprediksi mengingat parameter yang terlibat di dalamnya.

    Dia berkata:

    "Bitmain menjual Antminer T9-12.5TH/s seharga $ 1,205 mulai 10 April (pra bayar). Jadi anda memperoleh $ 204,84 per bulan, dengan biaya listrik $ 93,60, artinya keuntungan setelah listrik sekitar $ 111,24 per bulan. "


    Menurut Brizendine, pertambangan Bitcoin bukanlah investasi yang sangat bagus namun untuk tujuan memelihara jaringan, dia menyarankan pemegang banyak bitcoin untuk menjalankan setidaknya satu mining, terlepas dari sedikit keuntungannya.

    "Saat ini saya secara pribadi akan membeli dan menjalankan satu mining bitcoin untuk mendukung desentralisasi dan berkontribusi pada kekuatan jaringan bitcoin dan juga melakukan investasi besar untuk membelibBitcoin dan menahannya di dompet perangkat keras penyimpanan dingin seperti Trezor atau KeepKey," dia menyimpulkan.


    Aaron Foster, salah satu pendiri dan CEO TheBitPoint, menjelaskan bahwa profitabilitas pertambangan Bitcoin bergantung pada harga Bitcoin. Mengingat situasi penskalaan, jika tidak terselesaikan dengan satu cara atau cara lain, dia berpikir bahwa pengembalian akan menjadi negatif. Lebih buruk lagi, fork hard dengan dua rantai, sehingga menimbulkan penambangan BTU atau BTC. Foster juga mencatat bahwa umur perangkat keras harus dipertimbangkan dengan mencari tahu berapa lama sebelum perangkat mining menjadi usang.
     

Share This Page



loading...
loading...