Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Menyimak Perjalanan 10 Tahun Bitcoin

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Nov 12, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Tanpa kita sadari kini bitcoin telah memperingati ulang tahunnya yang ke-10. Bitcoin ialah salah stau pioneer uang virtual yang muncul pada 2009 silam. Penemunya ialah Satoshi Nakamoto yang sampai saat ini tak pernah memunculkan batang hidungnya dimuka public. Bitcoin sendiri merupakan uang virtual yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran bahkan dilegalkan di beberapa negara. Dikarenakan nilainya yang cukup tinggi beberapa orang memanfaatkannya sebagai investasi. Sayang bitcoin di Indonesia kurang mendapatkan dukungan khususnya dari BI dan badan keuangan lainnya. meskipun begitu peminat bitcoin di Indonesia tak bisa dibilang sedikit. Dalam perjalanannya yang telah mencapai 10 tahun tentu bitcoin telah mengalami masa-masa pahit dan kejayaannya.

    [​IMG]

    3 Januari 2009

    3 Januari menjadi tanggal dimana bitcoin mulai diperkenalkan ke public. Setiap sepuluh menit maka aka nada 25BTC yang tercetak. Dikarenakan jaringan bitcoin dibuat secara acak maka untuk pendistribusiannya juga baru bisa dijalankan setiap 6 kali setiap satu jam. Blok genesis merupakan catatan transaksi bitcoin yang pertama kali dilakukan pada awal Januari tersebut. bitcoin diperkenalkan ke public juga melalui surat kabar sehingga berita munculnya uang virtual cepat tersebar di Amerika Serikat. Pada tanggal ini harga bitcoin belum terlihat menonjol dan memasuki bulan Oktober 2009 mencapai harga $0.00076 per koinnya.

    22 Mei 2010

    Walau sudah diperkenalkan pada wal tahun 2009 namun sistem bitcoin belum begitu kuat untuk melakukan transaksi keuangan dan belum ada merchant yang berniat menerimanya. Setelah satu tahun lebih berjalan sistem node atau bloknya sudah semakin membaik dan berhasil melakukan transaksi untuk pertama kalinya pada 22 Mei 2010. Pada waktu itu seorang programmer dari forum BitcoinTalk bernama Laszlo Hanyecz membeli dua Loyang pizza dengan 10.000 bitcoin yang dimilikinya. Laszlo mencoba mengorder pizza dari rumahnya dengan menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran yang dikirimkan ke member bitcointalk lain bernama Jercos. Kala itu harga bitcoin masih berada $0.0025 per koinnya.

    09 Februari 2011

    Tahun berikutnya bitcoin melangkah lebih jauh. Setelah berhasil melakukan transaksi pertamanya banyak perusahaan pertukaran baru yang mendukung hadirnya bitcoin. Salah satunya ialah Mt.Gox dan pada 09 februari 2009 harga bitcoin sudah mulai berada dikisaran $1 per koinnya. Bitcoinpun juga mulai diberitakan pada media besar seperti Slashdot sehingga turut membuat nilai tukarnyapun naik begitu drastis.

    15 November 2012

    Tahun 2011menjadi tahun yang cukup sulit bagi bitcoin mulai dari pertengahan tahun kebawah. Pasalnya Mt.Gox mengalami kebobolan karena hacker mampu mendownload salinan sedikit database pengguna websitenya. Hal ini berdampak pada kepercayaan public akan tingkat pengamanan uang virtual tersebut. alhasil saving and trust kemudian memutuskan untuk menghentikan operasinya menggunakan bitcoin sebagai deposito. Biarpun begitu pada tanggal 15 November 2012 wordpress memutuskan untuk menerima bitcoin yang pada saat itu berada dikisaran harga $11.04. langkah wordpress ini membuka jalan bagi bitcoin untuk berkembang menjadi lebih besar lagi dimasa depan.

    9 May 2018

    Mulai tahun 2011-2014 harga bitcoin masih berada dikisaran $10-$300 saja per koinnya. Memasuki tahun 2017 banyak permintaan akan uang ini dan menaikkan harga perkoinnya bahkan mencapai $1000 lebih. Pada tanggal 9 Mei 2018 lalu harga bitcoin bahkan menyentuh $9.935.95 per koinnya. Harga ini merupakan harga yang paling tinggi pada 2018. Harga tertinggi bitcoin ialah pada bulan Desember 2017 lalu yang tiap koinnya dihargai sekitar $19.000.
     

Share This Page



loading...
loading...