Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Mengenal Lebih Dalam Bitcoin Unlimited

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Aug 29, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Bitcoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Seperti eGold dengan konsep yang berbeda, berupa mata uang namun hanya tersedia di dunia digital. Bitcoin dikembangkan dengan konsep idealisme yang baik bahwa mata uang yang baik tidak di kontrol oleh pemerintah dan bank sentral. Krisis finansial yang muncul beberapa waktu belakangan merupakan salah satu bentuk kelalaian pemerintah dalam menjaga keseimbangan ekonomi.

    Hal ini menggerakkan orang-orang yang berkecimpung dalam dunia IT. Mereka mulai melakukan investasi dalam bentuk Bitcoin. Bitcoin dipercaya akan menjadi mata uang komoditas universal sehingga harga terus melambung tinggi. Hal ini terbukti dengan pada tahun awal tahun2013, 1 BTC diperjualbelikan dengan harga kisaran 13 USD. Sedangkan pada akhir Desember 2013, 1BTC dihargai 860 USD. Ini naik mejadi 66 kali lipat dari nilai sebelumnya.

    [​IMG]

    Bitcoin yang memang dalam prosesnya tidah ‘dibawahi’ pemerintahan atau negara sehingga dalam perjalanan tidak tercampur dengan tangan-tangan tak bertanggungjawab, juga memiliki dua fitur yang sangat menarik yaitu sifatnya yang anonim dan biaya transaksi yang sangat rendah yatu hampir 0. Anda bisa membeli tanpa harus memberikan identitas anda sehingga privasi anda akan terjaga.

    Masalah dalam Bitcoin


    Kendati memiliki keunggulan dan dirasa cukup aman, bukan berarti Bitcoin tidak memiliki kekurangan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya peminat dari penghimpun dana ini. Pada awal kemunculannya, transaksi yang dilakukan Bitcoin hanya berkisar 100 transaksi perhari. Pada kondisi ini, dalam jangka waktu 10-30 menit transaksi sudah mendapatkan konfirmasi. Seiring berjalannya waktu dan kenaikan nilai dari tiap 1 BTC nya membuat peminatnya bertambah sehingga dalam satu hari mencapai lebih dari 300.000 transaksi.

    Seperti yang diketahui dalam prakteknya, 1 blok yang muncul dalam waktu 10 menit, hanya dapat memuat 1MB yaitu 1.800 transaksi. Itu artinya ada 3 transaksi yang harus ditangani dalam waktu 3 detik. Namun masalah lain muncul ketika tidak selalu 1 blok berisi 1.800 transaksi. Kemudian pada transaksi berikutnya akan terjadi penumpukan transaksi yang belum terkonfirmasi. Hal ini menyebabkan banyaknya transaksi yang mengalami ‘delay’ untuk mendapatkan konfirmasi. Bahkan waktu untuk menunggu konfirmasi bukan hanya 10-30 menit saja, namun 1 jam. Ini dikarenakan penumpukan transaksi yang tidak dapat ditangani sesuai waktunya. Belum lagi adanya kebijakan bahwa transaksi yang akan dilayani terlebih dahulu adalah yang memiliki miner fee lebih besar. Jika miner fee yanga anda miliki lebih rendah dari yang lainnya maka otomatis akan membuat transaksi anda semakin lama dikonfirmasi.

    Bitcoin Unlimited

    Untuk mengtasi hal tersebut kemudian munculah beberapa inisiatif untuk mengajukan konsensus pemberlakukan Bitcoin Unlimited. Bitcoin Unlimited adalah salah satu cara yang digadang akan mengatasi masalah yang muncul dalam dunia Bitcoin. Bitcoin memiliki konsep yang hampir sama dengan konsep Bitcoin yang ada saat ini. Hanya saja Bitcoin Unlimited dapat meningkatkan kapasitas transaksi hingga 16MB. Ketika Bitcoin Unlimited diberlakukan maka akan menangani masalah antrian konfirmasi yang terjadi.

    Namun sayangnya hal ini tidak sepenuhnya memunculkan tanggapan yang baik. Beberapa kalangan menentang hal ini dikarenakan ketika menciptakan kapasitas blok yang besar, Bitcoin Unlimited membutuhkan sumber daya computing yang lebih besar. Belum lagi dalam uji cobanya ditemukan bug yang semakin membuat beberapa kalangan ragu untuk melakukan upgrade. Adanya kemungkinan Hard Fork yang mungkin akan muncul ditengah-tengah penerapannya yang semakin meningkatkan keraguan untuk pemberlakuannya.
     

Share This Page



loading...
loading...