Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Mengenal Bitcoin Bubble Lebih Dekat

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Jan 12, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Mata uang bitcoin memang dikenal sebagai mata uang digital yang paling populer dan memiliki nilai yang paling tinggi. Karena nilainya dan kemudahan yang ditawarkan banyak orang yang menggunakan Bitcoin sebagai sarana investasi maupun sebagai sarana untuk bertransaksi dalam berbelanja sehari-hari.

    [​IMG]

    Namun dengan semakin tumbuhnya nilai dari Bitcoin ini sebagian orang menggangap jika Bitcoin adalah bahaya finansial terbesar abad ini. Apalagi dengan tidak adanya regulasi yang mengatur dan mengawasinya perdagangan dari Bitcoin mengalami ketidakpastian yang membuat sebagian orang merasa takut. Bahkan dengan semakin naiknya nilai Bitcoin ini ada sejumlah isu mulai muncul jika Bitcoin akan segera mengalami Bubble. Atau lebih singkatnya dikenal dengan Bitcoin Bubble.

    Penyebab Bitcoin Bubble

    Bitcoin Bubble adalah keadaan dimana kondisi dari harga Bitcoin akan melambung sangat tinggi yang akan menimbulkan gejolak dan akhirnya harga dari Bitcoin ini akan hancur atau mengalami penurunan secara tajam. Beberapa ahli ada yang memprediksi jika Bitcoin menembus nilai 10.000 ribu dollar atau setara dnegan 135 juta rupiah, maka saat itu harga Bitcoin akan semakin menguat dan bergerak tak terkendali yang akan memicu bubble.

    Namun pada kenyataanya nilai Bitcoin sendiri sempat menembus 20.000 dollar AS per unit kira-kira mencapai 270 juta baru-baru ini. Namun setelah mencapai angka tersebut nilai Bitcoin pun sempat merosot cukup tajam hanya dalam waktu sekejap. Bahkan sejumlah pihak ikut melemparkan kritikan terhadap Bitcoin karena votalitasnya yang sangat tinggi. Dengan nilainya yang cepat naik dan turun dalam waktu hitungan jam saja sejumlah pihak menyatakan jika resiko bubble bitcoin bisa terjadi kapan saja.

    Selain karena pergerakan dari semakin menguatnya nilai dari Bitcoin yang menyebabkan bubble, sebenarnya bubble juga dipengaruhi para pengguna Bitcoin. Hal ini karena, penguatan ataupun pelemahan dari nilai Bitcoin dipengaruhi dari tingkat investor ritel maupun institusional yang memiliki pandangan, jika mata uang digital ini adalah alat pembayaran masa depan dan sarana untuk menyimpan aset mereka. Contoh kasus yang mendorong melonjaknya harga Bitcoin adalah seperti beberapa lembaga perdagangan mata uang digital seperti CME atau CBOE juga melegitimasi investasi mata uang digital dan diumumkannya rencana peluncuran kontrak berjangka Bitcoin. Hal ini tentu saja membuat nilai Bitcoin semakin meroket secara tiba-tiba dan membuat banyak orang khawatir jika akan turun secara tiba-tiba juga.

    Namun jika melihat pola dari Bitcoin sebelumnya sebenarnya hal ini bisa jadi tak perlu dikhawatirkan. Karena meskipun mengalami naik dan turun sebenarnya coin crypto memiliki rentang waktu rata-rata enam bulan untuk naik sampai keharga tertinggi, kemudian 6 bulan berikutnya akan mengalami penurunan sampai harga terendah. Kemudian hal ini biasanya secara bertahap akan naik lagi sampai kepuncak dan begitu seterusnya.

    Bitcoin sendiri rata-rata memiliki rentang waktu sekitar 8 bulan untuk naik ke harga tertinggi dan mengalami penurunan secara berangsur-angsur. Hal ini adalah hal yang masih wajar. Ditambah lagi sampai saat ini masih banyak komunitas yang aktif melakukan transaksi jual beli dengan Bitcoin.

    Jadi Bitcoin masih memiliki dukungan dari komunitas pengemarnya yang tak akan membiarkan bitcoin mati. Seperti yang kita tahu jika kenaikan Bitcoin ini karena mengikuti keinginan dari para peminat Bitcoin dan akan terus naik jika orang masih menganggapnya wajar. Dengan ini maka anda tak perlu khawatir dengan adanya bitcoin bubble namun ada baiknya anda juga tetap waspada. Hal ini karena setiap investasi selalu memiliki resiko yang tinggi.
     

Share This Page



loading...
loading...