Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Maaf Arab Saudi Putuskan Tak Terima Bitcoin Masuk Negara Mereka

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Sep 11, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Arab Saudi dikenal sebagai negara kaya raya karena sumber minyak dengan mudah ditemukan disini. Negara islam ini dikenal sering menjalin kerja sama bilateral dengan negara lain. Adanya kehebohan tentang cryptocurrency ternyata juga dialami oleh pemerintah Arab Saudi. Tak sedikit pula warganya yang menggunakan cryptocurrency. Sayangnya pihak pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk melarang uang digital masuk ke negara islam tersebut. bitcoin cs dianggap sebagai investasi berbahaya dan menimbulkan kerugian di masa depan.

    SAMA Membenarkan Bitcoin Tak Diterima Di Arab Saudi
    [​IMG]
    Ketika beberapa negara maju seperti Jepang merespon positif terhadap uang virtual Arab Saudi malah kebalikannya. Alih-alih melegalkan uang digital ini otoritas moneter Arab Saudi yang biasa dikenal dengan SAMA malah merilis pernyataan mencengangkan. Pernyataan itu tidak lain ialah pemerintah Arab Saudi menegaskan untuk menghentikan perdagangan maupun investasi dalam bentuk mata uang virtual. Kegiatan ini dinyatakan illegal dan tidak ada pihak manapun baik individu maupun instansi untuk melakukan praktik tersebut didalam Arab Saudi.

    Alasannya ialah penyalahgunaan uang digital untuk tindak kejahatan. Anda mungkin sering mendengar bahwa uang digital kerap digunakan di pasar gelap untuk membeli senjata,narkotika hingga kegiatan pornografi seperti menyewa pekerja seks komersial. Uang digital juga diharamkan oleh dua perusahaan raksasa yakni Apple dan Google. Kedua perusahaan tersebut bahkan melarang adanya aplikasi penambang uang digital dalam toko aplikasi yang mereka miliki. Respon negative yang dimiliki Arab Saudi ini menambah daftar panjang negara yang menolak uang digital masuk negara mereka.

    Negara-Negara Anti Bitcoin

    Penolakan yang diberikan oleh pihak Arab Saudi bukanlah yang pertama terjadi. Sebelumnya ada beberapa negara yang tidak mengizinkan uang virtual masuk ke negara mereka. Alasan pelarangan uang digital ini juga serupa seperti yang diklaimkan oleh Arab Saudi. Beberapa negara yang dimaksud diantaranya ialah sebagai berikut :

    a. Nigeria

    Umumnya uang virtual sangat diterima baik oleh negara berkembang. Sayangnya Nigeria menolak uang digital ini hadir di negara mereka sejak 17 Januari 2017

    b. China

    Dulunya China dikenal sebagai negara pengguna bitcoin terbesar namun setelah banyaknya penipuan ICO mencuat pemerintah cenderung posesif. Sejak 8 Januari 2017 bitcoin dilarang masuk negara tirai bamboo tersebut.

    c. Taiwan

    Maraknya peretasan yang terjadi pada bursa pertukaran nampaknya membuat Taiwan enggan untuk menerima bitcoin masuk ke negara mereka. hal ini dibuktikan dengan pelarangan aktivitas cryptocurrency sejak 3 November 2015.

    d. Indonesia

    Indonesia juga salah satu negara yang tidak meridhoi uang digital masuk ke tanah air. Alasannya karena uang digital memiliki resiko yang tinggi dan pelarangan ini berlaku mulai 2018.

    e. Vietnam

    Vietnam juga sependapat bahwa banyak tindak kejahatan terjadi karena uang digital dan resiko yang tinggi bagi investor. Tak heran jika negara ini sudah anti bitcoin sejak 28 Februari 2014.

    f. Ecuador

    Pelarangan bitcoin untuk masuk ke Ecuador sebenarnya karena ada negara ini akan menerbitkan mata uang sendiri. jika ada bitcoin tentu masyarakatnya enggan menggunakan uang digital negara tersebut.

    g. Colombia

    Maraknya penipuan yang terjadi akibat uang digital ini membuat Colombia juga anti terhadap bitcoin sejak 31 Desember 2016.

    h. Singapura

    Alasan bitcoin tak diterima di Singapura ialah karena adanya kendala antar perusahaan keuangan disana. Alhasil sejak 29 September 2017 negara ini sudah anti dengan bitcoin.

    Selain negara diatas masih ada Bolivia,Kyrgistan, Maroko, Nepal hingga Bangladesh yang menyatakan anti dengan bitcoin.
     
    Last edited: Nov 15, 2018

Share This Page



loading...
loading...