Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Langkah - Langkah Mendapatkan Pendanaan Dari ICO

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, May 5, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Initial Coin Offering (ICO) memiliki cara kerja yang hampir sama dengan Initial Public Offering (IPO) yang lebih nyata yang menawarkan pendanaan berupa token dari investor. ICO ditawarkan kepada siapa saja yang bersedia membeli sejumlah token pada usaha yang dikembangkan oleh suatu Startup. Alat tukar yang digunakan dalam transaksi ini adalah token hasil pengembangan dari cryptoccurency dan diedarkan secara terbatas dan jumlahnya tetap.

    Mereka yang memiliki konstibusi oleh Startup blockhain yang menerbitkan ICO akan diberi sejumlah token. Investor memberikan dana dalam bentuk Enther atau Bitcoin kepada Startup tersebut dan sebagai imbalannya investor akan mendapatkan tokennya. Investor tersebut tentunya mau diberi token karena memiliki keyakinan terhadap keberhasilan perusahaan yang didanai. Sebelum memberikan investasinya, investor tentu akan mengamati apakah perusahaan yang melakukan go public saat ini memiliki kinerja yang meyakinkan sehingga kedepannya saham akan mengalami kenaikan.

    Investor nantinya dapat menjual saham tersebut apabila harganya sudah tinggi ataupun dapat menyimpannya agar devidennya bisa didapatkan. Token juga memiliki kinerja yang sama yaitu ketika startup blockchain memiliki kinerja yang meyakinkan maka akan bernilai tinggi. Misalnya ketika suatu startup menawarkan 1,000 token senilai 1 ETH atau 1 BTC sekarang lalu kemudian pihak lainnya banyak yang menggunakan platform blockchain tersebut dan nilai token yang tadinya 1 ETH sama dengan 1,000 menjadi 1 ETH bernilai 1 token maka keuntungan yang investor dapatkan adalah 1000 kali lipatnya. Namun jika startup tersebut gagal maka token yang dibeli oleh investor akan turun nilainya atau tidak bernilai sama sekali.
    [​IMG]

    Pihak yang mengatur ICO

    Jika IPO diatur oleh pemerintah maka sebaliknya ICO layakanya cryptoccurency lainnya tidak diatur oleh siapapun. Setiap orang dapat melakukan ICO bila mengerti cara mengimplementasikan teknisnya. ICO pertama kali dicoba pada Juli tahun 2013 oleh Mastercoin dan Ethereum pada tahun 2014.

    Mari kita menganalisis salah satu contoh startup yang melakukan ICO yaitu BurstIQ. Visi BurstIQ dalam 5 tahun kedepan adalah menjadikan data sebagai mata uang yang mendorong industri kesehatan dan BurstIQ akan menjadi Marketplace.

    BurstIQ merupakan startup blockchain dari Colorado yang berniat membangun ekosistem blockchain pada industri kesehatan. BurstIQ sebagai marketplace memiliki tugas menghubungkan pihak rumah sakit, pharma, layanan kesehatan, lembaga riset serta layanan swasta penunjang kesehatan lainnya. Alasan mengapa industri kesehatan membutuhkan blockchain adalah adanya data kesehatan pasien yang tersebar di berbagai klinik dan rumah sakit. Selain itu pasien tidak memiliki data kesehatannya sendiri. Belum lagi data yang dimiliki oleh rumah sakit, klinik dan layanan kesehatan yang dirasa kurang optimal. Arsitektur dari blockchain akan memungkinkan penyimpanan data yang identik dengan jaringan komputer. Blockchain juga memungkinkan setiap user mengendalikan data kesehatan milik sendiri. Data yang tersebar secara distributed oleh kriptografi akan aman dari perubahan atau modifikasi data. BurstIQ akan menggunakan burstchain sebagai dasar pengembangan blockchain.

    Legalitas ICO

    Saat ini salah satu masalah yang tengah dihadapi oleh ICO adalah adanya pelarangan ICO dibeberapa negara. Alasan mengapa ICO dilarang karena memiliki potensi fraud, ICO tidak memiliki badan yang meregulasi sehingga menjadi ajang pengumpulan dana, pencucian uang, skema piramid hingga scam. Lebih fatalnya lagi jika hal ini terjadi tidak da pihak yang bertanggungjawab. Kemungkinan dimasa depan diharapkan ada badan khusus yang mengatur ICO, seperti badan yang mengatur regulasi IPO saat ini.
     

Share This Page



loading...
loading...