Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Islandia dan Vietnam Nyatakan Bitcoin Ilegal

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Apr 3, 2014.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Metrotvnews.com: Berdasarkan keterangan situs yang menjelaskan regulasi tiap negara terhadap Bitcoin, Bitlegal, per Kamis (03/04/20140 ini menyatakan dari 61 negara, ada dua negara yang menyatakan peredaran mata uang tersebut adalah ilegal.

    Dua negara tersebut ialah Islandia dan Vietnam. Bank Sentral Vietnam melarang penggunaan Bitcoin dalam bisnis keuangan, baik sebagai pembayaran maupun sebagai penyediaan layanan terhadap klien. Pemerintah Vietnam dengan tegas mengungkapkan bahwa hanya mata uang Vietnam Dong (VND) yang digunakan sebagai alat pembayaran sah di negara tersebut.

    Sedangkan alasan Islandia melarang penggunaan Bitcoin adalah karena segala pergerakan modal ke luar negeri yang menggunakannya adalah ilegal, terutama setelah adanya regulasi baru mengenai pengawasaln arus modal. Bank Sentral Islandia menganggap ekspor barang dan jasa dalam pertukaran Bitcoin melanggar kontrol modal tersebut.

    Di Tanah Air, Bank Indonesia telah menetapkan bahwa Bitcoin merupakan bukan lah alat pembayaran yang sah dalam bertransaksi, namun tidak ada peraturan yang secara khusus melarang penggunaannya.

    Itu berarti para pemilik Bitcoin masih bisa bebas bertransaksi dengan mata uang tersebut. Hanya saja, tidak ada perlindungan hukum apabila terjadi kasus-kasus seperti pencurian atau penipuan yang melibatkan mata uang itu.

    Bitcoin sendiri adalah mata uang digital berbasis perhitungan matematika (cryptho-currency), yang pertama-tama konsepnya dicetuskan oleh pengembang aplikasi asal Jepang bernama Satoshi Nakamoto.

    Secara fisik, Bitcoin tidak lebih dari catatan pada sebuah public ledger (buku besar publik). Dengan demikian setiap Bitcoin yang tercipta dan ditransaksikan, adalah seperti membuat satu atau lebih slot pada publik ledger tadi.

    Selanjutnya untuk dapat ditransaksikan, setiap orang yang bermaksud melakukan jual-beli atau transfer Bitcoin, harus memiliki dompet digital yang dapat dibuat dan disimpan pada komputer, situs, atau ponsel yang berfungsi sebagai alamat bertransaksi (aplikasi pembuat dompet dapat diunduh gratis di Internet). (sumber: metrotvnews)
    (Pr)
     

Share This Page



loading...
loading...