Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Ini Dia Aksi Peduli Yang Pernah Memakai Bitcoin

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Dec 11, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Bitcoin memang sangat populer saat ini, dengan semakin meningkatnya harga Bitcoin sepanjang 2017 semakin banyak pula yang menggunakan Bitcoin untuk transaksi. Selain sebagai alat pembayaran digital ternyata Bitcoin juga digunakan dalam hal sosial. Faktanya bitcoin sering dipakai untuk berdonasi. Berikut ini adalah beberapa aksi peduli yang pernah menggunakan Bitcoin:

    [​IMG]

    1. Donasi Bitcoin melalui Fidelity Charitable

    Fidelity Charitable adalah salah satu badan amal terbesar di Amerika Serikat. Bekerja sama dengan Coinbase kini berdonasi ke badan amal ini juga bisa memakai bitcoin Penggunaan Bitcoin sebagai metode pembayaran donasi ini telah digunakan oleh Fidelity Charitable sejak tahun 2015 lalu. Dalam laporan Fidelity Charitable donasi dengan menggunakan Bitcoin pada tahun 2016 mencapai $7M dan pada pertengahan 2017 sudah mencapai angka $9M.

    2. Bitcoin digunakan untuk membantu korban tanah longsor di China

    Beberapa waktu lalu investor China memberi sumbangan kepada korban tanah longsor provinsi Sichuan yang terkena tanah longsor. Seperti yang diketahui jika pada tanggal 24 juni lalu wilayah China barat daya di wilayah Mao County terkena tanah longsor hingga menghancurkan lebih dari 40 rumah. Selain itu ada juga laporan kematian dan orang-orang hilang karena bencana alam ini. Menurut laporan publikasi regional,8BTC, berbagai anggota komunitas Criptocurrency menyumbangkan Bitcoin ke korban longsor Sichuan.

    Sumbangan amal menggunakan Bitcoin terus meningkat. Laporan tersebut mengungkapkan bahwa penambang bitcoin memberi 32 BTC ($81.000) ke federasi amal Chengdu untuk korban longsor. Keesokan harinya pembawa acara video Bitcoin China, Jin Yang dan Guo Hongcai, mengumpulkan dana untuk para korban. Pada tahun 2013 One Foundation yang dipimpin oleh Jet Li dan berhasil mendapat lebih dari 230 BTC saat terjadi gempa yang melanda Lushan, Sichuan, China.

    3. Bitcoin untuk gempa kumamoto Jepang

    Tanggal 15 April gempa bumi mengguncang Kumamoto Kyusu, Jepang pada pukul 16:25 UTC. Gempa tersebut menyebabkan kerusakan namun tidak merengut korban jiwa. Peringatan tsunami telah disampaikan, namun dicabut 50 menit kemudian. Gempa ini dikabarkan lebih besar ketimbang gempa yang terjadi pada tahun 2011. Tentunya perlu waktu lama untuk merekonstruksi kerusakan yang terjadi. Coincheck, salah satu pasar Bitcoin terbesar di Jepang, telah membentuk donasi khusus untuk menggalang dana dari seluruh dunia.

    Seluruh dana yang terkumpul akan didonasikan kepada Peace Winds Japan. Peace Wind Japan adalah sebuah organisasi nirlaba yang akan membantu pemerintah lokal menyediakan tenda-tenda pengungsian bagi warga yang terkena musibah. Selain itu organisasi ini juga membantu pemerintah menyusun strategi untuk mulai membangun ulang wilayah tersebut untuk ke depannya. Semua donasi yang masuk akan dikonversikan ke dalam Yen jepang. Bitcoin yang telah terkumpul untuk membantu para korban gempa di Jepang ini sebanyak 3,8 BTC.

    Nah itulah beberapa aksi sosial yang menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran atau menggunakan Bitcoin untuk berdonasi. Semoga aksi ini bisa menginspirasi kita jika menolong sesama itu sangatlah penting, dan bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk berdonasi dengan uang digital. Tak hanya bitcoin saja anda juga bisa memanfaatkan uang digital lainnya seperti Ripple, Monero, bitcoin cash. Walau banyak pula negara yang tak menyetujui hadirnya uang digital namun masyarakat sadar bahwa uang digital memiliki manfaat yang tak bisa dielakkan. Kalau anda sendiri bagaimana apakah gemar menggunakan bitcoin sebagai salah satu alat pembayaran maupun berdonasi?
     

Share This Page



loading...
loading...