Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Fitur Andalan yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Investasi Bitcoin

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Mar 22, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Bitcoin adalah cryptocurrency pertama yang muncul dalam dunia investasi. Setelah muncul di Jepang, seiring berjalannya waktu bitcoin semakin menyebar ke penjuru dunia. Peminat bitcoin juga semakin meningkat. Bahkan pengguna bitcoin yang dulu hanya memulai dengan modal kecil sudah ada yang menjadi miliarder.

    Layaknya barang investasi, kita harus menanamkan strategi yang baik agar berhasil. Sama halnya dengan investasi bitcoin, kita harus mengetahui seluk-beluk dan juga hal-hal penting sehubungan dengan dunia trader ini. Belum lagi adanya fakta yang menyebutkan bahwa bitcoin merupakan jenis investasi baru yang masih memiliki kekurangan dan kesimpangsiuran dalam hal kinerja. Jika anda adalah salah satu yang berminat untuk terjun dalam dunia trading bitcoin, mungkin 7 fitur yang terdapat dalam bitcoin berikut bisa menjadi kajian dan pertimbangan anda.
    [​IMG]

    1. Transfer instan peer-to-peer

    Peer-to-peer adalah cara transfer yang diberlakukan oleh bitcoin. Cara transfer ini dianggap menguntungkan mengingat bitcoin tidak memiliki server pusat yang mengaturnya. Banyaknya server penyimpanan yang bersifat desentralisasi ini dioperasikan oleh member bitcoin sendiri yang terhubung dalam satu jaringan yang sama.

    2. Transaksi segala arah

    Transaksi bitcoin dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja hanya dalam hitungan detik. Asalkan anda terjangkau dengan jaringan internet maka anda bisa melakukan transaksi. Bitcoin anda tersimpan dalam bitcoin wallet yang ada dalam PC maupun smartphone. Akan tetapi yang perlu anda perhatikan adalah ketika wallet anda rusak maka bitcoin anda hilang karena tidak ada server yang mengaturnya. Oleh sebab itu sebaiknya pengguna sering membackup bitcoin pada beberapa device secara berkala agar wallet anda terjaga keamanannya.

    3. Biaya transfer kecil

    Transaksi bitcoin memberlakukan biaya pengiriman yang sangat kecil bahkan gratis. Namun jika anda ingin transaksi dilakukan secara cepat, maka biasanya bitcoin akan mengenakan potongan sebesar 500 sampai 3000 rupiah. Tarif potongan ini berlaku berapapun jumlah transaksi yang anda lakukan. Maka anda tidak perlu takut biaya transaksi akan berlipat ganda jika anda melakukan transaksi dengan jumlah yang banyak.

    4. Irreversible transaction

    Transaksi dalam bitcoin bersifat irreversible sehingga ketika anda melakukan transaksi maka transaksi tersebut tidak dapat dibatalkan lagi. Hal ini yang biasanya dimanfaatkan oleh para hacker yang berusaha mencuri bitcoin dari wallet trader. Para hacker tersebut akan masuk dalam akun anda dan menjalankan transaksi layaknya pemiliknya sendiri yang sedang bertransaksi. Jenis hacker yang seperti ini sangat sulit untuk di deteksi. Jadi, sebelum melakukan transaksi akan lebih baik jika anda memeriksanya terlebih dahulu karena ketika anda telah mentransfer ke wallet tujuan maka uang anda tidak bisa kembali kecuali pemilik wallet yang menerima mengirimkannya kembali kepada anda.

    5. Transaksi Pseudonymous

    Transaksi yang dilakukan oleh member bitcoin dapat dilihat secara umum. Akan tetapi member yang bertransaksi tersebut dapat merahasiakan identitas aslinya. Sehingga walaupun transaksi dapat dipantau oleh orang lain, identitas dari pelaku transaksi tetap dapat dirahasiakan.

    6. Bitcoin tidak di pantau oleh lembaga siapapun

    Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bitcoin tidak memiliki server yang membawahi atau mengatur. Sehingga sirkulasi yang terjadi semua tergantung pada member bitcoin tersebut. Hal ini tentu memiliki dampak positif dan negatif dimana positifnya member bisa bebas bertransaksi dalam lingkaran yang menguntungkan. Namun ketika terjadi penyalahgunaan yang mengakibatkan kerugian, member tidak dapat meminta pertanggungjawaban kepada siapapun.

    7. Jumlah Suplay bitcoin yang terbatas

    Jumlah suplay bitcoin sangat terbatas yaitu hanya mencapai 21 juta bitcoin saja. Jumlah tersebut akan terus berkurang seperti pada sistem ekonomi deflasi. Hal ini juga yang menjadi penyebab harga bitcoin akan naik setiap 4 tahun sekali.

    7 fitur diatas merupakan fitur yang bisa dinikmati oleh member bitcoin. Sebelum anda terjun dalam dunia bitcoin, akan lebih baik jika anda terlebih dahulu memahami agar proses trading anda berjalan tanpa kendala.
     

Share This Page



loading...
loading...