Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Cryptocurrency

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Nov 16, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Cryptocurrency menjadi salah satu investasi yang sering dibicarakan belakangan ini. Harganya yang melambung tinggi cukup menggiurkan bagi beberapa orang. Sayangnya harga crypto ini tak selalu berada diposisi yang menguntungkan. Tak jarang harganya bisa jatuh hingga puluhan ribu dolar. Walau sama-sama diperdagangkan layaknya saham namun realitanya uang digital dengan saham memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

    Perbedaan Saham dan Cryptocurrency

    Saham dan cryptocurrency memang memiliki pasarnya sendiri. keduanya juga diperdagangkan pada bursa tertentu seperti saham yang diperjualbelikan pada pasar efek. Sedangkan cryptocurrency diperjualbelikan pada bursa exchange cryptocurrency. Perbedaan anatara saham dan uang digital juga bisa anda simak sebagai berikut :

    1. Perbedaan mendasar anatara saham dan uang digital ialah jika saham dimiliki oleh perusahaan dan bisa diatur sedemikian rupa baik penerbitan atau pemecahannya oleh perusahaan. Uang digital berdiri sendiri sehingga tidak ada intervensi dari pihak manapun.
    2. Keuntungan yang didapatkan dari saham disebut sebagai capital gain yang nantinya dibagikan kepada pemegang saham itu sendiri. capital gain ini diperoleh dari kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba. keuntungan cryptocurrency berasal dari selisih jual dan belinya saja.
    3. Ada regulasi yang mengatur tentang pasar saham di Indonesia sedangkan cryptocurrency belum memiliki regulasi yang jelas di tanah air.
    4. Saham bisa dijaminkan ke bank sedangkan cryptocurrency tidak diperkenakan menjadi jaminan karena bank Indonesia tidak menyarankan adanya transaksi bank menggunakan uang digital ini.
    Faktor Yang Mempengaruhi Naik Turunnya Harga Cryptocurrency

    Ada beberapa faktir yang mampu mempengaruhi harga cryptocurrency. Pada dasarnya harga cryptocurrency sama dengan saham yang dipengaruhi oleh supply and demand. Factor lainnya yang mempengaruhi harga cryptocurrency diantaranya ialah sebagai berikut :

    [​IMG]
    • Rumor
    Rumor juga mampu membuat harga cryptocurrency naik turun. Rumor ini bisa berupa informasi yang manipulative dan belum dapat dipertanggungjawabkan. Rumor mampu menurunkan minat investor untuk berinvestasi. Salah stau contohnya saja seperti rumor cryptocurrency baru yang diterbitkan bitcoin setelah bitcoin cash.

    • Teknologi
    Tentunya teknologi berpengaruh besar terhadap permintaan cryptocurrency. Ada ribuan cryptocurrency baru namun hanya beberapa saja yang bertahan. Uang digital bisa bertahan karena keistimewaannya. Misalnya saja seperti ethereum yang memiliki smart contract atau monero yang menjaga privasi transaksi penggunanya.

    • Kebijakan Pemerintah
    Kebijakan pemerintah juga bisa menaikkan atau menjatuhkan harga cryptocurrency. Sebagai contoh saja adanya dukungan akan suatu cryptocurrency di sebuah negara tentu akan mampu menaikkan harga dari cryptocurrency itu sendiri. ini artinya segala transaksi uang digital pada negara tersebut akan dijamin pemerintah.

    • Hard Fork
    Hardfork merupakan peristiwa dimana terjadi perubahan baru sistem programming yang dimiliki oleh cryptocurrency. Ketika hardfork terjadi maka segala transaksi yang menggunakan uang digital tersebut akan berhenti sementara.

    • Cyber Crime
    Tindak kejahatan cyber crime juga ikut mempengaruhi harga uang digital. Hal ini ditunjukkan sebelumnya ketika bursa cryptocurrency besar seperti di Korea Selatan dan Jepang berhasil dihack harga cryptocurrency juga ikut turun. Investor menjadi takut untuk berinvestasi cryptocurrency karena takut uang digitalnya akan dicuri oleh hacker.

    Itulah tadi beberapa factor yang mempengaruhi harga cryptocurrency. Setiap investasi tentu punya resikonya sendiri-sendiri. semakin tinggi resikonya maka keuntungan yang anda dapat juga semakin tinggi. Jika anda ragu untuk berinvestasi uang digital maka carilah ilmu yang mumpuni terlebih dahulu atau cari tahu tentang uang digital yang anda incar.
     

Share This Page



loading...
loading...