Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Cara Menambang Bitcoin Dengan Hardware

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Nov 5, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Semakin tingginya harga bitcoin saat ini membuat orang mudah tergiur untuk menambangnya. Bahkan bisa dibilang mata uang digital satu ini adalah mata uang termahal di dunia. Saking mahalnya harga satu koin Bitcoin saja mampu mencapai 60 juta rupiah. Salah satu alasan mengapa harga Bitcoin sangat mahal ialah jumlahnya yang terbatas namun banyak yang menggunakan Bitcoin. Untuk mendapatkan Bitcoin ada beberapa cara. Salah satunya dengan mining atau menambang.

    Proses penambangan Bitcoin sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti menggunakan perangkat sendiri maupun menyewa layanan tambang seperti cloud mining. Pada bahasan kali ini kita akan membahas cara mining Bitcoin dengan menggunakan hardware. Sebelum memulai penambangan ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan seperti:

    [​IMG]
    a. Penambangan dengan hardware seperti menggunakan GPU/VGA. GPU akan dipaksa 100% terus menerus untuk menambang sehingga anda harus memperhatikan ketahanan GPU. Pastikan GPU anda mendapatkan pendingin yang cukup bahkan jika perlu ditambah dengan pendingin ekstra.

    b. Penambangan hasil dari Bitcoin tidak bisa dilakukan secara instan jadi butuh waktu tergantung dari spesifikasi PC yang anda pakai

    c. Untuk hasil dari Bitcoin yang anda dapat juga tergantung dengan jenis perangkat yang digunakan. Semisal saja kartu ASIC bisa dibilang lebih cepat daripada GPU bahkan kartu ASIC mampu menggunakan daya yang cukup rendah

    Langkah mining Bitcoin

    1. Mengerti macam hardware


    Sebelum mulai menambang atau mining anda harus menentukan hardware apa yang akan anda pakai. Ada beberapa pilihan hardware yang pada umumnya bisa anda gunakan yaitu kartu grafis, kartu ASIC dan prosesor, dan GPU/VGA Card.

    2. Download software

    Setelah anda menentukan hardware yang anda pakai, downloadlah software yang bernama GUIMiner

    3. Lakukan pendaftaran

    Setelah GUIMiner terdownload anda bisa mulai pendaftaran melalui situs poor Bitcoin seperti di Slushpool

    4. Login

    Jika anda sudah mendaftar selanjutnya anda bisa login dengan klik tab “Worker”, setelah itu klik “New Worker”. Setelah itu anda harus member nama, untuk nama itu anda bebas memilih nama apa saja lalu klik “Create”

    5. Buka GUIMiner

    Selanjutnya anda buka software GUIMiner anda yang sudah anda buka sebelumnya. Disitu aka nada pilihan “Server”, anda klik dan pilihlah “Other”. Setelah itu anda pilih “Host, lalu isi dengan “Sg.stratum.slushpool.com. setelah anda mengisi itu anda pilihlah “Port”, lalu isi dengan “3333”. Untuk pilihan yang ada Username, anda bisa mengisi (User Slushpool) (titik)(Username Worker). Pada pilihan “Password anda bisa mengisi bebas terserah dengan kemauan anda

    6. Menentukan hardware

    Langkah selanjutnya pada pilihan “Device anda bisa menentukan hardware apa yang akan anda pakai. Pada pilihan “CPU Affinity anda bisa memberikan tanda centang pada angka terbesar dan sisanya dikosongkan saja. Jika semuanya sudah selesai anda klik “Star Mining”

    Selain cara diatas anda juga berikut ini ada alternatif lain dalam menambang Bitcoin dengan caranya sebagai berikut:

    1. Buka situs btcguild.com dan anda harus mendaftar disitus tersebut

    2. Selanjutnya anda harus emndownload cgminer V3.1.1

    3. Setelah mendownload install

    4. Untuk memudahkan menggunakannya anda bisa meletakkan cgminer.exe ke desktop dengan menggunakan shortcut

    5. Buka cgminer.exe lalu isis data sesuai dengan yang anda isiskan saat mendaftar di btcguild.com

    6. Setelah itu anda menunggu untuk bisa melihat hasilnya

    Meskipun terlihat sederhana dan mudah namun pada dasarnya proses mining atau menambang Bitcoin ini cukup sulit. Hal ini karena proses yang dibutuhkan untuk mining Bitcoin cukup panjang. Bahkan untuk menyelesaikan satu blok mining saja bisa menghabiskan waktu berhari-hari sampai berminggu-minggu. Jika tingkat kalkulasinya mudah tentu hanya membutuhkan waktu yang singkat dan sebaliknya jika susah tentu membutuhkan waktu yang lama dan yang pasti perlu kesabaran
     

Share This Page



loading...
loading...