Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Cara Memilih Koin Cryptocurrency yang Bagus dan Menghindari yang Buruk

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Jan 23, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Di sini, tujuan kami adalah membantu membuat cryptocurrency lebih mudah bagi orang biasa untuk mengenalinya. Ada banyak cryptocurrency di luar sana dan terkadang sulit untuk membedakan, mana yang menjanjikan dan mana yang kurang menjanjikan. Anda tidak hanya investasi di perusahaan, tetapi juga investasi di software dan protokol yang berpotensi menjadi tulang punggung dari infrastruktur teknologi masyarakat kita, dalam dekade berikutnya.

    Di postingan kali ini, saya akan membahas pendekatan untuk menilai cryptocurrency secara kritis. Jika Anda mencari panduan untuk day trading, maka pembahasan ini mungkin bukan untuk Anda. Karena hampir tidak mungkin untuk memprediksi pergerakan harga dalam jangka waktu pendek, namun sebaliknya panduan ini akan memberi Anda suatu pandangan dan alat (tools) untuk melakukan penelitian Anda sendiri agar mudah menemukan proyek crypto jangka panjang yang menjanjikan.

    Saya akan memecah panduan ini menjadi tiga bagian:


    • Bagian 1: Melihat jumlah peredaran koin
    • Bagian 2: Melihat produk
    • Bagian 3: Melihat tim

    Pertama-tama:

    Disclaimer, saya bukan penasihat keuangan dan ini bukan nasihat hukum atau keuangan. Ini hanyalah pendekatan yang kita ambil untuk menilai cryptocurrency. Mengingat ini adalah pasar yang sangat mudah berubah, Anda seharusnya tidak menginvestasikan lebih dari yang Anda mau untuk kehilangan.

    Diagram ini adalah lembar contekan dari semua hal yang akan kita bahas di tulisan ini:

    Alur dalam memfilter coin crypto harusnya seperti gambar di bawah ini

    [​IMG]

    Dimana dapat menemukan para coin dan token cryptocurrency ini?
    yaitu pada website www.CoinMarketCap.com sejauh ini adalah alat yang paling populer untuk menemukan cryptocurrency. CoinMarketCap.com mencantumkan hampir semua koin yang ada di luaran sana dan memiliki banyak data juga tautan yang bagus untuk informasi lebih lanjut.

    [​IMG]

    Pilihan bagus lainnya adalah CoinGecko.com. Selain mencantumkan masing-masing koin, mereka memberikan peringkat untuk public interest, developer activity dan metrik lainnya.

    Peraturan penting : jangan membeli hype!

    Ada BANYAK cara yang bisa digunakan untuk membangun hype pada suatu koin. Jadilah skeptis terhadap semua yang anda baca secara online. Ada banyak akun twitter palsu, akun reddit palsu, dan blog palsu, bahkan ada artikel berita yang disponsori untuk membuat seolah-olah sebuah cryptocurrencytampak memiliki lonjakan, namun kenyataannya lonjakan tersebut didalangi oleh hanya beberapa orang yang ingin mendapat keuntungan yang cepat. Sama seperti pasar saham, Anda bisa membuat keuntungan jangka pendek dari beberapa hal, tapi ini bukan jaminan untuk pertumbuhan jangka panjang. Jadilah skeptis dan lakukan penelitian Anda sendiri.

    Bagian 1: Melihat jumlah Peredaran Persediaan Coin / Token

    Harga suatu coin berkaitan banyak hubungannya dengan persediaan yang beredar, yang mana merupakan jumlah total koin dari yang saat ini ada. Mari kita lihat 3 koin teratas sekarang dengan market cap:

    Nomor 1 adalah Bitcoin dengan harga $ 14,368
    Nomor 2 adalah Ethereum dengan harga $ 1,381
    Nomor 3 adalah Ripple dengan harga $ 1.97

    Harganya berbeda karena ada perbedaan sirkulasi persediaan untuk masing-masing.

    [​IMG]

    Total Persediaan (Total Supply) vs Persediaan yang beredar (Circulating Supply)
    Total persediaan tidak sama dengan beredarnya persediaan. Persediaan yang beredar adalah jumlah koin yang ada saat ini, total persediaan adalah sebagian besar koin yang pernah ada. Sebagai contoh, hanya akan ada 21 juta Bitcoin yang dibuat sehingga total pasokannya adalah 21 juta. Jika sebuah koin sekarang memiliki persediaan beredar rendah tapi persediaan total besar, itu bisa mengubah titik harga potensinya dari waktu ke waktu karena semakin banyak tersedia, sehingga perlu dipertimbangkan.

    [​IMG]

    Persediaan yang beredar vs. market cap

    Latihan ini dapat membantu menentukan berapa banyak ruang untuk pertumbuhan yang dimiliki koin. Tanyakan pada diri sendiri, jika koin tiba-tiba menjadi yang terbesar dengan kapital market terbesar, berapa harganya? Kita bisa menghitung market cap koin dengan rumus sebagai berikut:

    Market cap = Persediaan yang beredar * harga

    Sebaliknya, kita bisa menghitung berapa harga koin yang akan diraih dengan harga market cap hipotetis berikut ini:

    market cap hipotetis ÷ Persediaan yang beredar = harga hipotetis

    Sebagai contoh, saat postingan ini ditulis, DigitalNote (XDN) adalah koin berperingkat #100 di market cap dan memiliki persediaan yang beredar sebanyak 6.893.991.066 koin. Saat ini, koin berperingkat #20 adalah RaiBlocks dengan market cap $3.255.714.560. Jika DigitalNode tiba-tiba melompat dari #100 ke #20 dan memiliki pangsa pasar yang sama dengan RaiBlock, kita bisa menghitung berapa harganya:

    $3,255,714,560 market cap ÷ 6,893,991,066 koin = harga $0.4722

    Saat ini DigitalNote berada pada harga $0,053094. Jadi jika melompat dari #100 di market cap menjadi #20, itu akan menjadi kenaikan 8.76x. Itu cukup bagus! Sekarang terserah Anda untuk memutuskan apakah itu benar-benar bisa mencapai market cap tersebut atau tidak.

    Peringkat market cap saat ini

    Metrik ini cukup mendasar, tapi masih mudah dan cepat untuk menilai koin. Jika koin adalah #5 sekarang, berapa banyak ruang yang benar-benar harus tumbuh? Susahnya, kalau sekarang #400, mungkin ada alasan bahwa tidak ada yang membelinya. Mungkin koin itu baru saja dirilis dan Anda cukup beruntung untuk masuk lebih awal, atau mungkin koin ini akan gagal total tanpa peluang sukses di masa depan.

    [​IMG]

    Koin yang sudah ditambang dan dicadangkan
    Kebanyakan cryptocurrency diciptakan melalui proses yang disebut "mining". Beberapa tim developer "mendahului" memiliki sejumlah koin, yang berarti mereka mengambil sejumlah koin dan secara otomatis menyimpannya untuk tim pengembangan dari koin tersebut. Ini bisa bagus jika harganya naik karena bisa mendanai tim dan memastikan mereka memiliki sumber daya untuk melanjutkan pengembangan dan pemasaran, tapi bisa juga menjadi bendera merah. Jika sebuah tim membutuhkan 45% dari semua koin, itu mungkin skema cepat kaya untuk mereka sendiri dan Anda harus menghindarinya. Jika 10% sudah ditambang, mungkin itu bisa diterima jika tim menggunakannya dengan baik. Beberapa koin sukses yang termasuk pra-tambang adalah Ripple, Cardano, Stellar dan NEM. Banyak koin yang telah berhasil tanpa memerlukan jumlah pra-penambangan.

    Volume harian

    Volume adalah berapa banyak uang yang diperdagangkan dalam jumlah total dalam sehari, yang ditunjukkan dalam jumlah dolar A.S. Jangan tertipu, ada orang yang sangat kaya di luar sana memanipulasi market setiap hari secara strategis memindahkan sejumlah besar uang. Jika sebuah koin memiliki volume harian yang rendah (<$10 juta atau lebih) harganya dapat dengan mudah dimanipulasi oleh beberapa investor kaya (a.k.a. “whales” - paus). Volume harian yang tinggi menunjukkan ada banyak minat dan perdagangan yang terjadi pada hari itu untuk sebuah koin, dan lebih sulit bagi beberapa individu untuk memanipulasi harganya.

    [​IMG]

    Part 2: Melihat Produk

    White paper (Makalah)

    Setiap proyek memiliki makalah yang tersedia di situs mereka, sebuah makalah ilmiah yang menjelaskan tujuan dan desain proyek. Makalah Bitcoin memulai semuanya dan masih terbuka untuk umum. Makalah Bitcoin ini benar-benar menjadi kertas yang mengesankan, bacalah dan tanyakan pada diri Anda apakah makalah ini ditulis dengan penuh semangat, intelektual dan kebenaran, atau dengan tergesa-gesa dan ngawur... Jika sebuah proyek tidak memiliki makalah atau white paper, maka itu pertanda buruk.

    Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah Anda bisa membeli makalah di situs seperti fiverr.com untuk membuat scam tampak sah, jadi mereka tidak bisa selalu dipercaya. Di bawah ini adalah contoh pencarian pembuatan "makalah" pada situs Fiverr:

    [​IMG]
    Melihat Tim

    Aktivitas Pengembang


    Beberapa tim memiliki lebih banyak marketer daripada engineer. Anda membeli teknologi, bukan hype, jadi itu bukan pertanda bagus jika membeli hype. Proyek ini harus memiliki tim pengembang aktif yang terus memperbaiki kode mereka dan engineernya. Sangat mudah untuk melihat pada apa yang sedang dilakukan oleh tim engineer karena semua kode merupakan open source dan publik.

    Semua kode akan ada di GitHub.com dimana hampir semua proyek open source tinggal. Cara termudah untuk menemukan kode untuk sebuah proyek adalah dengan menjalankan pencarian Google untuk nama koin dengan "github", jadi misalnya "Bitcoin github" akan menemukan kode Bitcoin. GitHub memiliki alat yang memungkinkan kita melihat apa yang terjadi jika kita klik tab "Wawasan (Insights)".

    Setiap proyek yang bagus akan memiliki roadmap di situs mereka. Jika mereka tidak memiliki roadmap yang tersedia untuk umum, itu mungkin tidak sepadan dengan waktu Anda. Sudahkah mereka memenuhi tonggak sejarah mereka sejauh ini? Seberapa sah atau bisa dicapaikah pencapaian tonggak masa depan mereka?

    Jadwal yang terlambat adalah sebuah kebenaran yang tidak menguntungkan dari pengembangan perangkat lunak sehingga tidak selalu menjadi pertanda buruk selama kemajuan juga dibuat, namun sebuah tim harus mengerjakan hal yang benar. Apakah membuat toko untuk menjual barang branded benar-benar memanfaatkan sumber daya terbaik? Anda bisa menggunakan tools seperti TurnItIn.com untuk mengecek isi plagiat mereka secara otomatis.

    Market yang Sesuai

    Konsep ini berlaku untuk produk atau teknologi baru: seharusnya ada tempatnya di market. Apakah koin tersebut memecahkan masalah yang sebenarnya di market yang ada? Apakah itu menciptakan market yang sama sekali baru?

    Salah satu contoh yang bisa kita lihat adalah sesuatu seperti HempCoin (THC). Diklaim bahwa HempCoin adalah cryptocurrency bagi industri ganja untuk memfasilitasi transaksi antara petani ganja, distributor, dan apotek. HempCoin dibuat berdasarkan kode Bitcoin, tapi hanya untuk ganja. Mengapa industri ini membutuhkan mata uangnya sendiri? Mengapa mereka tidak bisa menerima sesuatu seperti Bitcoin atau Litecoin? Apakah setiap industri membutuhkan koinnya sendiri? Apakah saya memerlukan koin khusus hanya untuk produk mandi saya? Mungkin tidak, jadi jenis koin-koin ini biasanya tidak terlalu menjanjikan kecuali jika mereka memiliki banyak kontak industri dan alasan sebenarnya untuk eksis.

    Penggunaan di Dunia Nyata

    Teknologi Blockchain masih sangat banyak di masa awalnya, kita belum melihat potensi penuh mereka dalam skala besar. Banyak cryptocurrency yang dihargai dengan harga tinggi karena spekulasi dari apa yang akan mereka capai suatu saat, tapi beberapa cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum sebenarnya digunakan oleh perusahaan dan diterima sebagai pembayaran oleh vendor sejati, dan harganya mencerminkan hal itu. Setiap cryptocurrency yang telah diadopsi dan digunakan untuk tujuannya adalah pertanda besar bahwa cryptocurrency tersebut memiliki masa depan yang menjanjikan.

    Saat mempertimbangkan token seperti Binance Coin (BNB), satu hal yang perlu diperhatikan adalah perbedaan antara token utilitas dan token sekuritas (saham). Token sekuritas pada dasarnya hanyalah saham, yang merupakan investasi di perusahaan dan tidak ada yang lain. Token utilitas adalah investasi di perusahaan namun token tersebut sebenarnya digunakan untuk sesuatu hal di perusahaan tersebut. Dalam contoh Binance Coin, dana tersebut digunakan untuk mengumpulkan dana bagi perusahaan namun koin tersebut benar-benar dapat digunakan untuk hal-hal seperti membayar biaya pada platform Binance, sehingga koin tersebut memiliki penggunaan di dunia nyata. Token utilitas akan naik harganya karena platform yang menggunakannya meningkat karena terdorong permintaan, jadi bagus untuk dilihat.

    [​IMG]

    Open source vs. didukung perusahaan

    Banyak cryptocurrency seperti Bitcoin dan Vertcoin sepenuhnya open source dan dikelola oleh komunitas sukarelawan atau individu yang penuh gairah, dan bukan entitas perusahaan yang ada. Jika itu open source dan berhasil yang menunjukkan bahwa ada ketertarikan nyata oleh individu. Jika didukung oleh perusahaan maka bisa menjadi hebat jika mereka memiliki pengalaman dan hubungan industri, misalnya dalam kasus Ripple yang didukung oleh perusahaan telah menjadi faktor pendorong keberhasilannya. Lakukan penelitian Anda sendiri dan lihatlah sejarah perusahaan dan pendirinya.

    Rekam jejak tim

    Sebagian besar proyek akan mencantumkan anggota tim mereka di situs web mereka, coba Googling dan lihat apakah Anda dapat menemukan materi lain tentang mereka. Apakah mereka memiliki LinkedIn dengan riwayat dan banyak kontak, atau apakah itu brand baru hanya dengan beberapa teman? Apakah mereka ada di LinkedIn? Coba Googling nama mereka dengan "scam" disertakan untuk melihat apakah mereka pernah terlibat dalam skandal di masa lalu. Tezos ICO adalah contoh penipuan (scam) yang terkenal.

    Banyak koin adalah token yang digunakan dalam beberapa industri, jika itu adalah kemitraan dengan perusahaan lain yang besar maka hal ini dapat menjadi sesuatu yang besar. Misalnya Waltonchain (WTC) menggunakan token pada blockchain untuk melacak barang fisik dan memperbaiki transparansi industri rantai pasokan. Karena ini sangat spesifik, melihat WTC memiliki kemitraan dunia nyata dengan bisnis di industri ini merupakan pertanda bagus bagi masa depannya.

    Pendanaan

    Engineering itu mahal, dan kebanyakan tim membayar untuk marketing juga. Karena ini, melihat pendanaan tim bisa menjadi indikator bagus tentang berapa banyak ruang kepala yang mereka miliki. Apakah tim mendapatkan dana melalui ICO? Jika ya, mereka mungkin duduk di atas sebuah gunung uang (digital).

    Salah satu contohnya adalah Lisk, yang mengumpulkan setara $6 juta di Bitcoin selama ICO mereka. Jumlah BTC yang sama sekarang bernilai sekitar $235 juta. Itu adalah uang yang banyak, mereka punya banyak dana untuk menyewa tim yang baik dan terus mengerjakan produk mereka selama bertahun-tahun yang akan datang.

    Media sosial

    Tidak dapat dipungkiri bahwa mayoritas terpapar teknologi dan produk baru akhir-akhir ini adalah melalui tempat-tempat seperti Twitter dan Reddit. Temukan akun Twitter koin, apakah mereka memiliki banyak pengikut? Jika tidak, mungkin Anda cukup beruntung untuk menemukannya lebih awal! Jika mereka memiliki banyak pengikut, itu adalah indikator bagus bahwa ada kepentingan publik yang nyata.

    Cari berapa banyak orang yang membicarakan koin tersebut, cari dengan hashtag atau keyphrase Twitter. Tentu saja, jangan hanya mengecek berapa banyak tweet yang menyertakan hashtag sebuah cryptocurrency tapi juga isinya. Jika semua orang di Twitter mengatakan hal tentang koin tersebut, maka anda harus mempelajarinya dengan serius dan mendengarkannya.
     
    Last edited by a moderator: Jan 24, 2018

Share This Page



loading...
loading...