Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Bitcoin Rawan Digunakan untuk Kepentingan Politik

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Feb 19, 2014.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    EMPO.CO , Jakarta - Chief Executive Officer Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan mengatakan Bitcoin rawan digunakan oleh investor untuk kepentingan politik. Sedangkan konsep Bitcoin belum dipahami secara keseluruhan oleh otoritas terkait. Maka itu, Bitcoin Indonesia sebagai exchangerterbesar di Indonesia, kata Oscar, sangat senang jika pemerintah ingin bekerjasama. “Soalnya, ada peraturan yang perlu dibicarakan bersama,” katanya saat berkunjung ke kantorTempo, beberapa waktu lalu.

    Untuk bisa memasukkan peredaran Bitcoin dalam peraturan, kata Oscar, jika peredarannya sudah mencapai Rp 1 triliun per hari. Nilai tukar Bitcoin sangat fluktuatif dan berpengaruh secara global. Nilainya bahkan berubah per menit. “Ini karena pada dasarnya konsep Bitcoin berdasarkan supply and demand,” ujarnya.

    Ketidakstabilan ini, Oscar mengatakan membuat Bitcoin belum bisa dijadikan mata uang. Namun pada suatu titik nantinya, yakni setelah semua negara menyatakan sikap, fluktuasi Bitcoin dapat diprediksi. Sebab selama ini, sejumlah pemberitaan miring seputar Bitcoin telah membuat para investor cemas dan panik. Sehingga mereka menahan investasinya dan mempengaruhi stabilitas harga Bitcoin.

    Bitcoin Indonesia yang merupakan exchanger Bitcoin terbesar di Indonesia, kata Oscar, bisa menjadi patokan bahwa transaksi Bitcoin di Indonesia hanya sebesar 5 BTC per hari. Jadi, transaksi kira-kira sekitar Rp 35 juta sampai Rp 50 juta dalam sehari.

    Di Indonesia peningkatan transaksi baru terjadi pada 2 bulan terakhir. Ini karena masyarakat Indonesia cenderung terlambat kalau dibandingkan dengan negara lain. Menurut Oscar, Bitcoin baru populer di tanah air karena trennya sejak November lalu melonjak tajam bahkan sempat mencapai US$1.200 per BTC nya. Sehingga akhirnya menarik minat para investor di Indonesia. (Tempo.com)
     

Share This Page



loading...
loading...