Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Bitcoin Core VS Bitcoin Unlimited, Anda Sudah Tahu?

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Feb 16, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Seperti yang kita ketahui jika protokol bitcoin memiliki sebuah keterbatasan. Beberapa keterbatasan tersebut, misalnya seperti pada batas waktu rata-rata per blok, jumlah operasi penandatanganan blok, pembagian mata uang hingga ukuran blok. Dengan adanya keterbatasan ini, membuat para pengembang lebih tertantang untuk mengembangkan Bitcoin lebih lanjut. Terutama dalam masalah keterbatasan ukuran blok, para pengembang ini kemudian menciptakan software yang berfungsi untuk meng-upgrade Bitcoin. Nama software tersebut adalah, Bitcoin core dan Bitcoin unlimited yang akan kita bahas dibawah ini:
    [​IMG]

    Bitcoin core

    Bitcoin core adalah sejenis software bitcoin yang sedang aktif digunakan saat ini. Bitcoin core sendiri direpresentasikan dengan simbol BTC. Bitcoin core diciptakan oleh pencipta Bitcoin yaitu Satoshi Nakamoto. Software ini sebelumnya juga dikenal dengan istilah Satoshi client atau Bitcoin-Qt. Bitcoin core adalah, software yang digunakan dan dikembangkan oleh para penambang Bitcoin diseluruh dunia. Tujuannya untuk menciptakan jaringan Bitcoin. Fungsi dari Bitcoin core adalah untuk memverifikasi transaksi. Dilengkapi pula dengan layanan private dan public key yang menunjang keamanan transaksi. Bitcoin core, memiliki kemampuan untuk menciptakan sebuah blok dengan kapasitas memproses sekitar 1.800 transaksi setiap 10 menit sekali.

    Bitcoin unlimited

    Bitcoin unlimited memiliki konsep yang hampir mirip dengan Bitcoin core. Proposal Bitcoin unlimited sendiri, pertama kali diusung pada tanggal 26 september 2015. Pencipta dari software ini adalah Andrew Stone. Landasan utama yang menjadi gagasan dari penciptaan Bitcoin unlimited adalah, tentang memungkinkanya batas ukuran block yang lebih besar dari megabyte.

    Dengan blok yang berukuran lebih besar dari 1 megabyte, maka akan diterima menjadi block yang valid. Ukuran maksimal pada bitcoin unlimited adalah sebesar 16 megabite. Padahal saat ini limit ukuran blok rata-rata dari software lainnya masih kurang dari 1 megabyte. Bitcoin unlimited adalah, software yang lebih difungsikan untuk memanfaatkan lighting network, side chain dan juga segwit. Saat ini software ini sendiri, masih menjadi beberapa pertimbangan bagi komunitas Bitcoin. Hal ini karena dengan adanya software ini, tentu saja akan berdampak pada perubahan konsesus tentang ukuran limit block. Namun pada perkembangannya banya yang mulai mengadopsi Bitcoin unlimited. Misalnya beberapa pool yang mengadopsi software ini adalah BTC,GBMiner dll.

    Perbedaan bitcoin core dan unlimited

    1. Ukuran zise

    Saat ini kedua kubu masih berdebat untuk masalah Block size bitcoin ini. Kedua kubu tersebut maksutnya adalah kubu bitcoin core dan bitcoin unlimited. Bitcoin core adalah jaringan Bitcoin yang kita gunakan saat ini dan memiliki kapasitas blok sebesar 1 MB. Sebaliknya Bitcoin unlimited secara garis besar, memiliki konsep yang sama dengan Bitcoin core. Namun memiliki kapasitas bloknya berbeda, bkan lagi 1 MB tapi jauh lebih besar. Tujuan diciptakannya Bitcoin unlimited adalah, untuk memperbaiki kekurangan di jaringan Bitcoin Core. Di jaringan Bitcoin unlimited satu blok kapasitas mencapai 16 MB. Artinya satu blok bisa memuat sampai 28.800 transaksi. Hal ini tentu saja jauh lebih banyak, daripada Bitcoin Core yang hanya bisa memproses maksimal 1.800 transaksi per 10 menit.

    2. Kecepatan transaksinya

    Dalam segi kecepatan transaksi, tentunya Bitcoin unlimited lebih baik dari pada Bitcoin core. Seperti yang kita ketahui, jika dengan size nya yang lebih besar juga berpengaruh pada kecepatan transaksinya.

    Namun meski Bitcoin unlimited diciptakan untuk solusi dari mempercepat jaringan bitcoin core, sayangnya tak semua orang menganggapnya demikian. Bahkan beberapa ada yang memperdebatkan sisi negative, atau kekurangan dari dari Bitcoin unlimited. Salah satu contoh kekurangan Bitcoin unlimited adalah, dengan kapasitas blok yang besar, tentu akan membutuhkan sumber daya computing yang besar pula. Dengan begitu tak semua miner dapat melakukannya. Meski begitu tetap ada juga yang sudah menggunakan Bitcoin unlimited. Hal ini karena seperti yang kita tahu jika tak ada jaringan yang sempurnya. Semuanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing
     

Share This Page



loading...
loading...