Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Bank Sentral Tidak Akan Pernah Sukses Dengan Mata Uang Elektronik

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, May 26, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Bayangkan Anda memperoleh hadiah $ 1 triliun. Mari katakan bahwa ini tidak resmi untuk diklaim tapi apakah tidak ada yang bisa melacaknya? Akankah Anda melakukan itu? Jika bukan Anda, maka percayalah banyak orang yang mengantri di belakang Anda.

    [​IMG]

    Dari waktu ke waktu kita mendengar bahwa “bank sentral bisa menerbitkan mata uang elektronik pada blockchain”. Sebelum berkutat dengan detain tentang mengapa ini tidak mungkin, mari kita pertimbangkan tentang “eksperimen pemikiran Einsteinian”.

    Apa Itu Aman?

    Bagaimana Anda bisa tahu bahwa sistem sebuah komputer aman atau tidak? Sebuah sistem terdiri akan berbagai komponen mulai dari software, hardware dan jaringan. Masing-masing komponen menjadi rawan untuk diserang. Software berarti sesuatu yang bisa diprogram. Kita semua tahu apa itu malware dan bagaimana sulitnya untuk mendeteksi apakah malware ada di komputer Anda atau tidak. Ya, kita memiliki perlindungan anti-virus tapi itu tidak berarti sebuah metode yang terbukti jitu khususnya jika Anda memang menjadi target.

    Mal-Hardware

    Hardware dapat dispesialisasikan dan dikunci jadi ini tidak bisa diprogram. Kemudian kualitas tergantung pada pabrikannya. Lalu bagaimana dengan hardware yang bisa diprogram dengan tujuan umum ? Kemungkinan bekerjanya software yang sama dari berbagai vendor hardware tetap ada. Itu adalah pendekatan yang lebih baik namun tetap ada celah. Kunci rahasia saat ini tidak lagi bersifat rahasia. Setidaknya tidak serahasia sebagaimana pendekatan black box. Ini berarti bahwa kunci rahasia harus ditransportasikan antara dua peralatan. Celah inilah yang memberi kemungkinan untuk diserang. Jika ini mungkin untuk mentransfer kunci rahasia maka malware juga bisa kan?

    Pentingnya Konsensus

    Saat Anda berpikir keras tentang masalah ini, hanya ada dua mekanisme gabungan yang jika digabungkan akan bisa melindungi Anda dari semua serangan itu. Jawabannya? Desentralisasi consensus AND.

    Consensus berarti bahwa peraturan diatur pada batu dan mereka akan diakses secara publik oleh siapapun yang dapat memilih untuk verifikasi independen. Desentralisasi penting, jadi banyak independen yang akan mengecek consensus dapat dilakukan dengan konsisten. Jika jumlah peralatan yang mengecek konsensus sedikit maka ini tetap rawan untuk diserang.

    Meskipun segala sesuatu dengan kunci rahasia tidak terbukti ampuh. Seperti yang sudah dijelaskan di atas , hardware khusus tidak bisa menyelesaikan masalah ini. bitcoin menunjukkan bagaimana rapuhnya kunci rahasia. Kita telah membuktikan sendiri bahwa banyak pencurian yang terjadi dalam pertukaran bitcoin, tapi pencuri dana bitcoin tidak membuktikan kondisi integritas dari jaringan itu sendiri. sedikit berlawanan memang, mengapa begitu?

    Hal ini karena integritas jaringan bitcoin tidak pernah aman dari kunci rahasia. Supply uang dari bitcoin berdasarkan aturan konsesus. Validasi keaslian bitcoin anda dicapai dengan melacak semua transaksi senelumnya.

    Sebaliknya, bank sentral harus mengeluarkan koin baru tidak bisa bergantung pada aturan konsesus. Ringkasnya, harus ada beberapa rahasia yang dapat digunakan untuk membuktikan bahwa koin elektronik itu valid. Tidak peduli apa itu, ini sangat terbuka untuk diseraang. Perlu Anda catat bahwa koin elektronik sendiri tidak memiliki tanda, bank sentral masih belum yakin dengan integritas dari sistem mereka sendiri. bagaimana Anda bisa tahu bahwa uang yang ada di server tidak dicuri orang?

    Bagaimana Jika…

    Ini masih menjadi perdebatan, namun ada satu kemungkinan lagi. Bagaimana jika bank sentral bersedia mengumumkan kepada publik setiap kali ada perubahan supply uang? Ini berarti aturan konsesus berubah secara instan. Bagaimanapun ada banyak masalah pada pendekatan ini:

    Ketika merubah supply uang, Anda masih harus memberitahu ke mana uang itu mengalir. Jika bank sentral menggunakan itu untuk membeli obligasi maka dana tersebut juga bisa dicuri oleh orang dalam atau pembeli harus menjadi bagia dari perubahan aturan konsesus.

    Jika kita membutuhkan perubahan aturan konsesus setiap kali dibutuhkan maka ini akan menjadi sangat sulit untuk dilacak. Lebih dari itu jika aturan selalu berubah maka itu bukanlah peraturan.

    Jadi menurut Anda apakah bank sentral akan sukses dengan misinya meluncurkan mata uang elektronik di masa mendatang?
     

Share This Page



loading...
loading...