Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Bagaimana Peraturan Baru Jepang Berdampak pada Penukaran Bitcoin

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Feb 28, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Bagaimana Peraturan Baru Jepang Berdampak pada Penukaran Bitcoin - Jepang baru-baru ini menyusul AS dan China sebagai negara dengan volume perdagangan bitcoin tertinggi di dunia. Pada bulan April, rancangan undang-undang pertama Jepang dengan ketentuan untuk mata uang digital termasuk bitcoin akan mulai berlaku. Hal ini akan mengakui bitcoin sebagai metode pembayaran, namun pada saat yang sama, ia akan memberlakukan peraturan tentang penyedia layanan pertukaran bitcoin.

    Undang-Undang Layanan Pembayaran Jepang dan UU Pencegahan Pengalihan Hasil Pidana diubah pada 25 Mei 2016, untuk menjatuhkan peraturan tertentu pada penyedia layanan pertukaran mata uang digital, termasuk pertukaran bitcoin. Draft amandemen yang diusulkan diumumkan oleh Badan Jasa Keuangan Jepang (FSA) Desember lalu dan diharapkan dapat berlaku pada bulan April.

    [​IMG]

    Setiap entitas yang ingin memberikan layanan penukaran mata uang digital harus mendaftar pada Prime Minister. Amandemen memberikan berbagai persyaratan lain seperti memiliki modal minimum 10 juta yen, menyebarkan sistem pertahanan IT yang memadai terhadap pencurian dan kehilangan dan menyediakan informasi tertentu kepada pengguna seperti alamat perdagangan, nomor pendaftaran dan biaya jadwal mereka.

    Bagian lain dari peraturan baru memerlukan pertukaran untuk membangun beberapa sistem dan proses, termasuk pelatihan karyawan, aturan internal, tata kelola dan bimbingan untuk outsourcing. Selain itu, mereka juga harus teratur menjalani audit oleh akuntan atau audit perusahaan bersertifikat publik setidaknya setahun sekali dan menyerahkan kegiatan laporan secara berkala dan laporan tahunan.

    Bagaimana RUU ini dilihat dari perspektif bursa bitcoin?

    RUU ini bertujuan untuk melindungi konsumen dengan "pembatasan yang wajar," ungkap Yuzo Kano, CEO Bitflyer, pada Bitcoin.com. "Bahkan entitas asing yang memberikan pelayanan kepada penduduk Jepang akan diatur dalam undang-undang", katanya. Bitflyer adalah pertukaran terbesar berdasarkan volume hari ini menurut Coinhills. Pertukaran telah meningkatkan pendanaan terkini hingga mencapai total $ 35,6 juta, termasuk investasi terbaru sebesar 200 juta yen dari investor seperti Mizuho Capital. Pemegang saham lainnya termasuk perusahaan-perusahaan besar Jepang seperti SBI Investasi, Mitsubishi UFJ Financial Group, Mitsui Financial Group, Densu Digital Holdings, dan GMO.

    Yuzo Kano mencatat bahwa Bitflyer pernah kehilangan kepercayaan pada bitcoin tiga tahun lalu dan sebagian besar orang di Jepang tetap tidak mempercayai itu. Ini adalah waktu untuk memulihkan kepercayaan, sehingga perusahaan besar akan memasuki pasar dengan menggunakannya. Hal ini akhirnya akan membawa perhatian yang lebih luas dan membuat ekosistem blockchain bitcoin menjadi lebih besar.

    Kagayaki Kawabata, Ketua Pengembangan Bisnis Coincheck, pertukaran utama Jepang lainnya, mengatakan bahwa keseluruhan RUU baru itu sendiri adalah RUU progresif yang akan menjadikan posisi Jepang sebagai negara Bitcoin terkemuka. Namun mengingat bahwa ada begitu banyak persyaratan, ia merasa bahwa hukum akan menjadi penghalang besar bagi tahap awal startup cryprocurrency. Ia menambahkan bahwa dari sudut pandang Coincheck yang merupakan sebuah cryptocurrency yang dimulai oleh programmer tunggal, itu cukup menyedihkan bahwa peraturan baru dapat menghapus potensi startup seperti mereka.

    Coincheck telah mengalami pertumbuhan yang substansial baru-baru ini, dengan transaksi bulanan mencapai US $ 130 juta dan pendaftaran baru pada tingkat 1.000 setiap hari. Secara keseluruhan Kawabata percaya bahwa meskipun ada beberapa aspek negatif dari peraturan, pengakuan pemerintah terhadap bitcoin adalah suatu kemajuan besar. Kawabata menambahkan, “ketika kita melihat perkembangan bitcoin dalam jangka panjang kita akan berpikir positif.”

    Yuzo Kano mengakui bahwa Bitflyer perlu mengubah proses KYC agar sesuai dengan aturan baru. Bitflyer juga telah melalui proses audit dan telah mempersiapkan perubahan internal organisasi yang diperlukan.
     

Share This Page



loading...
loading...