Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

11 Bursa Bitcoin Jepang Ini Akhirnya Dapat Izin Operasi

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Oct 7, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Bitcoin menjadi satu diantara uang digital lainnya yang paling banyak digunakan pengguna uang virtual di berbagai belahan dunia. Bitcoin merupakan pelopor uang virtual yang diperkenalkan sejak 2009 silam. Peningkatan harga bitcoin cukup signifikan terlebih pada tahun ini. Jepang menjadi negara dengan pengguna terbesar yang mana mencapai 50% dari total global pengguna bitcoin di seluruh dunia. Pemerintah Jepang sendiri juga sangat mendukung adanya bitcoin di negara mereka. Baru – baru ini otoritas jasa keuangan Jepang memberian izin kepada 11 bursa uang virtual yang nantinya akan sangat membantu perdagangan bitcoin di negeri sakura tersebut.
    [​IMG]

    Perhatian pemerintah Jepang ini cukup dimaklumi sebab dahulunya Mt Gox yang merupakan bursa uang virtual terbear berpusat di Tokyo. Sayangnya Mt Gox telah bangkrut dan gulung tikar. Pada bulan April lalu pemerintah Jepang telah melegalkan penggunaan bitcoin di negara mereka. semua bursa uang virtual bahkan dituntut untuk menggunakan bitcoin agar tidak terpuruk seperti Mt Gox. Kebijakan Jepang bahkan tidak melarang ICO. ICO merupakan penggalangan dana dengan menggunakan uang digital yang mana mekanismenya seperti saham. ICO menawarkan sejumlah token yang dibeli oleh investor dengan bitcoin atau cryptocurrency lainnya. Initial Coin Offering atau ICO bahkan pernah mendanai Ethereum yang merupakan salah satu uang virtual yang cukup berpengaruh.

    FSA yang merupakan jasa keuangan Jepang tidak asal memberikan izin kepada ke 11 bursa tersebut biarpun bitcoin diterima sah sebagai alat pembayaran di negara mereka. Bursa perdagangan uang virtual ini juga harus memenuhi syarat dari FSA. Syarat – syarat tersebut diantaranya harus memiliki sistem komputerisasi yang kuat agar terhindar dari serangan cybercrime. Memiliki segresi dengan akun pelanggannya. Untuk menghindari money laundry yang kini menjadi perbincangan hangat maka FSA juga mempersyaratkan pemeriksaan identitas pelanggan bursa tersebut. money laundry memang kerap melanda uang virtual ini. Beberapa orang memanfaatkan bitcoin sebagai tempat menyembunyikan harta mereka. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan pajak yang harus mereka bayarkan kepada pemerintah.

    Bitflyer - Salah satu bursa terbesar bitcoin di Jepang kini diambil alih oleh Bitflyer. Bitflyer juga merupakan bursa bitcoin pertama yang disetujui untuk mendapatkan izin operasi. Keberhasilan Bitflyer bukan tanpa alasan sebab bursa ini mampu bekerja sama dengan perusahaan besar di Jepang. Salah satunya ialah H.I.S yang merupakan biro perjalanan yang berpusat di Tokyo. H.I.S didirkan sejak tahun 1980 sehingga masyarakat Jepang sudah sangat mengenal jasa yang mereka tawarkan. Bitflyer juga bekerja sama dengan salah satu departemen store terbesar bernama Marui. Bitflyer bahkan juga memiliki kerja sama dengan Bic Camera sejak Juli lalu. Semua kerja sama tersebut membuahkan hasil dan membawa Bitflyer memiliki volume perdagangan bitcoin terbesar di Jepang.

    Quoine – ialah satu dari tiga bursa terbesar yang ada di Jepang. Sejak didirikan pada tahun 2014 Quoine mampu menghasilkan jutaan volume perdagangan bitcoin tiap harinya. Mereka juga menyediakan layanan melalui aplikasi yang bisa anda download dan install di smartphone anda. CEO Quoine yakni Mike ayamori menyambut baik berita terkait izin operasi 11 bursa baru tersebut. Pemberian izin ini akan mampu meningkatkan kepercayaan pasar dan meningkatkan perdagangan bitcoin di masa depan.Kini masih ada 17 bursa bitcoin yang masih menanti keputusan FSA terkait izin operasi mereka. Semoga Indonesia segera menyusul langkah Jepang terkait peredaran bitcoin dan bursa perdagangannya melihat semakin tingginya pengguna bitcoin di Indonesia.
     

Share This Page



loading...
loading...