Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Mining pakai GRIDSEED atau VGA ???

Discussion in 'Hardware dan Perangkat Tambang' started by MAXScrypt, Mar 19, 2014.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
?

Setelah membaca dan melihat perhitungan maka saya akan mencangkul dengan :

  1. GPU

    55.6%
  2. Gridseed

    44.4%
  1. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    Hallo miners,

    Beberapa waktu ini ada "cangkul" baru yang bernama Gridseed yang merupakan chip dengan kemampuan mining scrypt dan SHA-256 secara bersamaan! WOW
    Kecepatan claim dan hasil tes yang saya baca di website 300 KHash/s untuk scrypt dan 8 GHash/s untuk SHA-256. Wah, bagaimana nih nasibnya miner GPU ?

    Mencoba meramal nasib, saya buat perbandingan di MS Excel antara mining dengan Gridseed melawan GPU Nvidia 750TI dan AMD R280x.

    Gridseed menarik karena dalam setiap 1 modul nya yang berisi 5 chip dengan kecepatan total 300 KH/s hanya membutuhkan listrik 7 watt per modul jika dalam mode "scrypt only" dan 70W "dual mining". GPU Nvidia 750TI yang baru saja masuk pasaran dan berhasil menarik perhatian miner (sehingga harganya jadi naik) membutuhkan listrik 70watt dengan kecepatan rata2 250 KH/s. R280x ? hehehe, 280 Watt ajah dengan kecepatan rata2 725 KH/s. Semua tanpa overclock.

    Namun, ada 1 keunggulan dari GPU yaitu harga purna jual.

    Di dalam file yang saya lampirkan ada 2 perhitungan ROI (balik modal) untuk GPU yaitu 50% & 100% dari harga awal (harga beli) namun hanya 100% untuk Gridseed. Kenapa ? Karena menurut saya, jika saya berhenti mining 6 bulan ke depan maka rig saya paling sial bisa saya jual dengan harga 50% dan saya yakin ada yang beli karena masih ada pasar gamer. Kalau Gridseed ? Karena spesifik hanya untuk hashing, ya mungkin miner lagi. Tapi, apa kabar difficulty 6 bulan lagi ?

    Lalu ada juga faktor durabilitas. NVDIA dan AMD sudah mempunyai standard tinggi dalam manufakturing dan segala sesuatunya yang berhubungan. Merk2 VGA besar seperti Asus, Gigabyte, MSI juga sudah bukan nama asing lagi. Kalau saya tidak salah ingat di website AMD spesifik GPU R280x ada tulisan yang kurang lebih " tahan sekian puluh ribu (mungkin lebih) jam dengan load 100%" yang tentunya ditujukan untuk miner.
    Bagaimana dengan Gridseed ? Yah, wait and see. Dari yang saya baca, batch awal mempunyai kualitas yang jelek dalam penyolderan dan kesulitan install karena menggunakan chip usb-vitual com yang "ketinggalan jaman dan tidak terlalu umum". Catatan untuk yang mau beli Gridseed, pastikan bukan batch awal ya.

    Kesimpulan saya setelah melihat perhitungan file excel saya memutuskan cangkul utama saya GPU. Apalagi dengan bergesernya pembeli VGA dari gamer ke miner, yang akhirnya mengacau balaukan roadmap dan marketing plan dan manufacturing plan AMD dan NVIDIA dan kemunculan si kecil irit GTX750TI ditambah lagi AMD sudah gembar gembor "sistem memory bertingkat" yang bakal mempercepat kemampuan hashing scrypt maka saya semakin yakin dengan GPU sebagai cangkul utama saya.

    Mudah2an ilmu saya yang seadanya ini bisa membantu miner2 sekalian. Dan tolong di ingat ya, yang saya tulis adalah pendapat pribadi saya. Silakan berbeda, tapi tetap sopan dan menjaga perdamaian.

    Semoga bermanfaat :)

    *Tambahan*
    Sehubungan dengan diluncurkannya pre-order ASIC-Scrypt dari KNC miner dengan kecepatam 100MHs/s (137,9 x r280X) maka saya merasa harus memberikan tambahan sebagai pertimbangan miner sekalian untuk memilih jalur GPU or ASIC.

    ASIC = Application Specific Integrated Circuit = Sirkuit terintegrasi untuk aplikasi spesifik = kalkulator yang hanya bisa melakukan 1 jenis perhitungan atau menjalankan 1 buah rumus. SHA dan Scrypt algoritma security = rumus. Bitcoin adalah produk SHA-256. Yang menarik adalah Scrypt dan turunannya.

    Sampai saat ini, ada beberapa jenis Scrypt yaitu :
    1) scrypt mining with N=1024 (LiteCoin and many, many clones)
    2) scrypt-jane mining (Yacoin and several clones)
    3) scrypt mining with larger N (VertCoin)
    4) MaxCoin mining (SHA-3 i.e. Keccak256)

    Kenapa scrypt banyak banget ? Komunitas crypto currency saat ini menjaga agar coin lain tidak sampai di "bully" oleh ASIC agar distribusi coin bisa lebih luas. Supaya yang kaya tidak menjadi semakin kaya (yang punya duit buat beli ASIC miner) dan yang miskin bisa semakin miskin (GPU miner). Tingkat kesulitan bitcoin saat ini adalah hal yang sangat tidak diinginkan oleh pembuat litecoin ketika memilih menggunakan scrypt, mempersulit penciptaan ASIC untuk scrypt.

    Kelebihan GPU adalah flexibilitas dalam mining. GPU dapat digunakan untuk mining segala jenis "rumus". Yang diperlukan adalah program untuk memerintah GPU untuk menghitung menggunakan rumus apa. Semua coin saat ini bisa di gali dengan GPU. Tinggal masalah perbandingan hasil dan tenaga saja. Sedangkan ASIC karena hanya bisa rumus tertentu hanya bisa mendukung coin yang menggunakan rumus yang bisa dihitung oleh ASIC tersebut.

    Gridseed dan KNC miner adalah ASIC khusus untuk rumus no 1, scrypt mining dengan N=1024, yang saat ini adalah rumus yang paling banyak digunakan oleh coin yang beredar. IMHO, tidak tertutup kemungkinan ketika nanti KNC berhasil memenuhi janjinya mengirim ASIC scrypt mereka ke konsumen (pre-order ASIC = pre order untuk alat yang dalam tahap pengembangan akhir dan bukan pre-order barang yang sedang diproduki masal) Litecoin dan sejenisnya akan merubah jenis scrypt mereka pada blok tertentu sehingga tidak dapat digali oleh ASIC. Pendapat saya di "trigger" oleh peningkatan harga VertCoin yang menggunakan scrypt berbeda bersamaan dengan ketika KNC membuka pre order scrypt ASIC miner mereka.

    Justru perkembangan yang menarik bagi saya adalah "sistem memory bertingkat" yang sedang dikembangkan AMD dan pengembangan chip 20nm yang pasti akan menurunkan konsumsi daya GPU. Ditambah lagi kehadiran NVIDIA GTX750ti (GPU Maxwell) sebagai "percobaan" pasar NVIDIA untuk chip dengan kemampuan tinggi berdaya rendah yang KHs/watt nya sangat menarik.
    Dari perbandingan rig yang saya punya, 2x R280x dengan total hash speed 1480 KHs menarik daya 690 watt dan 6x GTX750ti dengan total hash speed 1700 Kh/ menarik daya 575 watt.

    ***
    Ijin promo sekalian, saya punya lapak kecil2an di bagian trade. Kalau ada waktu mampir ya.
    ***
    Update;
    Terdapat kesalahan yang lumayan fatal pada perhitungan excel pertama. Mungkin karena buru2. Mohon maaf. Setelah memeriksa dengan seksama dan dalam tempo sesantai santainya maka saya upload versi revisi perbandingan perhitungan gridseed vs vga sekaligus dengan update inputan income/mhs/day, kurs BTC, dll. Sekali lagi mohon maaf untuk kesalahan perhitungan pertama.

    DOWNLOAD file excel di sini
     
    Last edited: Mar 23, 2014
  2. goldenhand

    goldenhand New Member

    manteb ilmu barunya bro. thanks...
    cuma kalo misal kita bangun rig dgn base GPU kita memang mendpat purna jual. Tapi kalo dari sisi konsumsi listrik kalah jauh ya...?
    contohnya gini.. misal saya pgn bangun rig.. jika di rumah cm ada daya 900 utk buat rig yg pake R280x yg butuh psu min 1120 paling enggk kudu nambah daya ke PLN ya bro ??
    nah jika pake gridseed misal kita mining ltc aja untuk mendapatkan 30.000 khash aja cuma burtuh 700wt aja. disitu kita g perlu mepermasalahkan masalah listrik jika kita cuma tgl di perkampungan misalnya. gmn menurut bro maxscrypt? cmiiw

    oh ya di table nya itu perhitungan utk btc yaa kalo perhitungan profit dan perbandingannya utk ltc ada g bro.. tadi saya coba download trus aku ganti rumusnya malah amburadul :s

    mungkin pendapat saya diatas salah soalnya msh minim soal ilmu per-PLN-an :D. btw posisi di bandung aja ya bro.. ada cabang di sby g ? :D
     
  3. btvideo

    btvideo New Member

    Maaf... Saya newbie soal mining...
    Yang belum saya mengerti adalah mengapa devices yang kita butuhkan untuk mining adalah VGA (GPU) ? Kenapa bukan CPU ?
    Buat agan yang dapat memberikan pencerahan tentu akan sangat kami hargai dan pastinya akan bermanfaat bagi newbie spt saya ..
     
  4. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    Kalau kita memilih GPU sudah pasti kita perlu naikin daya di rumah. Pilihannya ada dua dan berikut dengan tindak lanjutnya supaya aman sejahtera :
    1. Tambah daya meteran yang sudah ada dan menambah 1 saklar pengaman (MCB) dengan kabel baru yang bisa nahan daya 2200w atau 4400w.
    2. Colek petugas lapangan untuk nambah meteran baru khusus untuk mining. jangan lupa, kabelnya juga harus baru. Sekarang kan jaman pra bayar, kalau udah gak mining ya gak usah di reload.

    Untuk kasus bro, kalau mau pakai GPU 280x x 4 nambahnya jangan 1300, tapi nambah 2200. 280x x 4 yang saya pakai narik 1300 watt dari tembok ke corsair ax1200i. Supaya tidak salah pengertian, angka yang tercantum di PSU adalah daya maksimum dari PSU ke sistem. Daya yang ditarik dari tembok adalah DAYA PSU dibagi effisiensi (rating PSU). Makanya kalau mining saya sarankan pakai platinum supaya daya yang kita pakai gak kebuang percuma jadi penghangat ruangan.

    dari colokan tembok 1300watt -> AX1200i effisiensi 90% = 1300*0.9 = 1170watt -> rig (per GPU 292,5watt termasuk sistem)

    Untuk listrik sih santai aja bro. Kita kan bayar sesuai yang kita pakai aja. Memang abodemen/tarif dasar jadi naik tapi gak signifikan. Kalau dah gak mining tinggal minta turun lagi aja, gak susah. Dan kalau listrik kita nambah kan pendapatan juga nambah :) Betul sekali karena listrik gridseed lebih kecil maka profit nya juga lebih besar. Dari perhitungan saya profit gridseed lebih besar 11rb/hari atau 330rb/bulan. Dan terus terang, ini memang menarik sekali bagi saya. Tapi ketika saya pertimbangkan lagi masalah garansi, durabilitas yang masih belum jelas dan purna jual akhirnya saya pilih wait and see.

    Masalah hasil perhitungan jadi LTC, income BTC tinggal bagi sama kurs LTC/BTC aja bro. Sekarang sih angkanya 0,033.
     
  5. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    Kenapa kita dari Jakarta ke Paris naik pesawat bukan naik kapal laut ?
    Karena naik pesawat lebih cepat.

    Tapi kan naik kapal laut lebih murah ?
    Murahnya kapal laut tidak sebanding dengan cepatnya pesawat.

    Saya yakin bro bisa mengerti dengan analogi ini :)
     
  6. btvideo

    btvideo New Member

    Trims gan MAXScrypt ...
    Tentu saya mengerti dengan analogi tersebut. Tapi itu belum menjawab pertanyaan saya.

    Cek lagi deh yang saya tanya :
    Yang belum saya mengerti adalah mengapa devices yang kita butuhkan untuk mining adalah VGA (GPU) ? Kenapa bukan CPU ?

    IMHO, CPU atau Central Processing Unit adalah chip yang berfungsi untuk memproses semua jenis data, sedangkan GPU (Graphic Processing Unit) merupakan chip yang berfungsi untuk memproses jenis data grafis.

    Nah, apa korelasi antara Bitcoin Mining dan data grafis? Atau mungkin lebih spesifik, apa kaitan antara kecepatan GPU dengan data HASH-Cash yg digunakan Bitcoin?

    Sekedar catatan, info yg saya dapat selama ini Miner melakukan mining dengan berbagai devices, namun prioritasnya adalah GPU, ASIC, atau ASIC.
    So, apa kelebihan GPU dalam mining?

    Thanks for ur advance ..
     
  7. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    Sebelumnya mohon maaf, saya sebetulnya di sini mencoba membantu yang untuk miner beginner yang sudah mengerti apa itu mining dan tukar pengalaman dalam optimalisasi mining. Intinya masalah teknis. Pertanyaan bro, yang lebih ke konsep apa, kenapa, dan bagaimana sebenarnya sudah banyak artikelnya jika bro mau google.

    Cuma ya saya coba jelaskan dengan analogi lagi secara singkat. Kalau masih kurang jelas, maaf sekali, silahkan google, mungkin ada website lain yang bisa membantu.

    Anggap semua crypto currencies (lihat di cryptochart atau coinwarz) adalah hasil tambang. Kita sebut mineral.
    Secara garis besar cara menambang ada 2 :
    - Dengan SHA-256
    - Dengan Scrypt
    Alat menambang :
    - CPU (bisa untuk menambang SHA-256 dan scrypt = cangkul/pacul/whatever yang sejenisnya
    - GPU (bisa untuk menambang SHA-256 dan scrypt) = bor
    - ASICS khusus SHA-256 = bor
    - ASICS khusus Scrypt = bor

    Mineral tersimpan dalam banyak bukit yang setiap bukitnya harus kita hancurkan. Jumlah isi setiap bukit tergantung dari "pembuat mineral" tersebut.
    Semua mineral awal terciptanya tersimpan dalam bukit yang lunak. Semakin banyak penambang, maka semakin keras bukit tersebut sehingga memerlukan tenaga yang lebih besar untuk menghancurkannya dan mendapatkan hasil di dalamnya.

    Bitcoin, adalah mineral SHA-256. Bukitnya sudah sangat keras. Bro mau nambang pakai cangkul, bisa aja. Tapi ya hasilnya pasti sangat sedikit sehingga jika dibandingkan/dijual hasilnya tidak seberapa. Capeknya gak kebayar.

    Semoga bisa dimengerti.
     
  8. Moderator

    Moderator Moderator Staff Member

    Just info buat rekan2...Saat ini Scrypt sudah keluar asic dengan speed 100MH harga USD 9,995
    Posisi Preorder pengiriman Q2/Q3 of 2014.

    Semoga bermanfaat
     
  9. goldenhand

    goldenhand New Member

    maksudnya nantinya utk mining ltc yg berbasis scrypt udah bisa pake asic gt ya mod? kayak btc skrng ini ya?

    ada linknya gak mod :D
     
  10. goldenhand

    goldenhand New Member

    Last edited: Mar 20, 2014
  11. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    Original post di update sehubungan dengan pengumuman KNC. Supaya bisa lebih memahami lagi untung rugi GPU dan ASIC. Dan mudah2an gak tambah bingung hehehe.
     
  12. Moderator

    Moderator Moderator Staff Member

    Mining semua yang berbasis scrypt semacam LTC dan doge bisa pakai ASIC semacam BTC. Kemampuan KNC ini dibandingkan dengan gridseed jauh. Untuk BC selama ini kami baik2 saja. Semua bisa dibicarakan :)

    link https://www.kncminer.com/categories/litecoin-mining-hardware
     
  13. Habis beli ASIC scrypt banyak ternyata LTC, DOGE n coin berbasis scrypt semua pindah ke
    1) scrypt mining with N
    2) scrypt-jane
    3) scrypt larger N
    4) (SHA-3 i.e. Keccak256)
    ya langsung galau yang habis beli ASIC scrypt karena gak bisa buat mining apa - apa :D:D
     
  14. bonar

    bonar Member

    Wah tertarik ama VGA dari NVidia nih Gtx750 TI, karena konsumsi powernya yang cukup rendah dibanding radeon r9-270x.... Tapi sayangnya Nvidia GTX750 TI hanya cman ada 3 produsen yaitu gigabyte, Msi dan ZOtac.

    @MAXScrypt
    Btw, boleh tau gak itu pake PSU nya apa yah buat ngangkat 6 nvidia GTX750 TI nya.

    thanks
     
    Last edited: Mar 26, 2014
  15. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    Asus juga sudah ada di sini. Saran saya pakai Zotac. Dari beberapa review banyak yang puas.PSU saya pakai Corsair RM650, total konsumsi AC (dari colokan) 470watt dengan speed scrypt 1600-1700 dan 800-850 scrypt.A.N. Saya rencana mau nulis lengkap soal rig 750ti ini, cuma masih males hehehe :D
     
  16. bonar

    bonar Member

    bah... serius tuh mas, cman pake corsair rm650 cukup ngangkat 6 si 750ti ???

    beuhhhh makin mantab tuh iritnya... dibanding si radeon...

    wah ditunggu nih review tulisannya... soalnya nanti kalo ada rejeki numplek... mau ane bangun pake 750ti
     
  17. klo boleh tau 1 vga GTX 750 ti brp mas hargany??
     
  18. bonar

    bonar Member

    Bisa langsung diliat gan di rakitan[dot]com atau enterkomputer[dot]com

    harganya kisaran 1.8 sampai 2.2
     
  19. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

Share This Page



loading...
loading...