Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

apa itu bitcoin ?

Discussion in 'Untuk Pemula & Pemain Baru' started by key99, Feb 3, 2014.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. key99

    key99 New Member

    Selamat siang, saya pemula untuk bitcoin, cuma denger-denger sih, tapi belum tahu lengkapnya, bisa tidak ada yang jelaskan ke saya mengenai bitcoin ini ? trimakasih :)
     
  2. James

    James New Member

    Bitcoin atau BTC adalah suatu mata uang digital (cryptocurrency) dengan pemrograman open source , yang dimana Bitcoin ini adalah sama seperti mata uang pada umumnya misalkan rupiah, dollar, ringgit dan sebagainya. Tetapi bedanya Bitcoin ini adalah mata uang yang tidak ada sentralisasi, sehingga benar-benar bersifat anonymous dan murni berdasarkan demand supply di pasar tanpa ada diatur oleh kebijakan bank sentral / campur tangan pemerintah. Bahkan pencipta Bitcoin sendiri pun juga tidak bisa mengontrolnya karena sudah benar-benar lepas dan berdiri sendiri-sendiri.

    Bitcoin berbeda dengan seperti Liberty Reserve (LR), E-Gold dan jenis2 seperti E-Point yang dimana mereka menggunakan server mereka sendiri (terpusat di 1 sentral) untuk membuat nilai uang mereka sendiri dan ini bisa berpotensi manipulasi ataupun ditutup / scam.
    Sedangkan di Bitcoin tidak ada sistem sentralisasi server sehingga setiap orang pengguna bitcoin adalah merupakan server itu sendiri alias Peer 2 Peer, sehingga Bitcoin menjadi populer karena selain aman, tidak diatur pemerintah dan nilainya yang naik terus mengalahkan emas dan sebagainya. Jadi harga di BTC ini murni berdasarkan pasar yang sesungguhnya.

    Sebagai gambaran bahwa tahun 2013 Januari harga 1 BTC (Bitcoin) masih di sekitar $13 , tetapi sekarang sudah menembus lebih dari $800 per 1 BTC nya bahkan sempat di $1200 per 1 BTC nya, kemudian sudah banyak toko-toko dan perusahaan2 yang menerima Bitcoin saat ini sebagai uang pembayarannya, mulai dari pembelian tiket pesawat hingga beli permen di toko-toko pun di luar negeri sudah bisa, bahkan mesin ATM nya pun juga sudah ada.

    Menariknya di BTC ini bisa di "tambang" sehingga komputer kita pun bisa kita jadikan resources untuk menghasilkan bitcoin.

    Turunan dari Bitcoin ini sendiri juga terdiri dari mata uang digital lainnya seperti Litecoin dan Dogecoin untuk pecahan kecil-kecilnya, mengingat nilai 1 BTC sudah lebih dari Rp.9 juta saat ini , tetapi nilai 1 LTC (Litecoin) masih di sekitar Rp.200 ribu dan Dogecoin masih di sekitar Rp.15 , sehingga untuk pecahan kecil maka bisa menggunakan LTC dan Doge ini.

    Baca di wikipedia pula mengenai penjelasan Bitcoin selengkapnya: http://id.wikipedia.org/wiki/Bitcoin
     
  3. key99

    key99 New Member

    wah,,thanks buat jawabannya,,lengkap bangeeet,, :) oh iya, apa aja keuntungan dari Bitcoin di banding mata uang pada umumnya ? ^_^?
     
  4. James

    James New Member

    keuntungannya adalah
    1. transfer uangnya Gratis
    2. lalu bisa di-Tambang (untuk mencari tambahan penghasilan)
    3. Cepat dan Praktis
    4. dan tidak tersentralisasi.
    5. selain itu bisa membawa uang dalam jumlah berapapun ke seluruh dunia tanpa pajak
     
  5. bajutailor

    bajutailor New Member

    Seperti asuransi gan ya ? masih binggung nih
     
  6. pakwahyu

    pakwahyu New Member

    bitcoin di era online sangat bagus untuk buat transaksi , aman dan cepat
     
    Last edited by a moderator: Jul 18, 2016

Share This Page



loading...
loading...